Pemrov Riau revitalisasi Anjungan Riau di TMII dengan biaya Rp800 juta

id Pemrov Riau

Pemrov Riau revitalisasi Anjungan Riau di TMII dengan biaya Rp800 juta

Anjungan Riau di sekitar area danau di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). (Foto:Antara/HO-Diskominfotik Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Riau mengalokasikan Rp800 juta untuk memperbaiki anjungan Riau berada di sekitar area danau di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang memiliki sarana rekreasi itu, sebagai salah satu kawasan wisata terkemuka di ibu kota Jakarta.

"Anggaran sebesar Rp800 juta itu dialokasikan setelah Pemrov Riau melakukan observasi juga berdasarkan arahan Menteri Dalam Negeri," kata Gubernur Riau Syamsur dalam keterangannya di Pekanbaru, Jumat.

Dia mengatakan, untuk pengerjaan fisik revitalisasi anjungan Riau di TMII itu akan dilakukan oleh PT Hutama Karya, dengan target penyelesaian fisik proyek itu pada 20 Agustus 2022.

Untuk itu, katanya menyebutkan, Pemrov Riau juga akan terus memonitor perkembangan revitalisasi, perbaikan anjungan milik Pemprov Riau di TMII.

"Saat ini sudah mulai dikerjakan dan target kami 20 Agustus 2022 selesai. Insyaallah tidak ada halangan sehingga anjungan Riau berasitektur tradisional yang berada di kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur akan menjadi menarik kembali," katanya.

Bangunan atau arsitektur anjungan Riau dilatarbetakangi kondisi lingkungan dan kebudayaan Riau sedangkan lokasinya berada di sekitar danau TMII. Renovasi TMII diperkirakan selesai pada Agustus mendatang. Setelah itu, pembukaan kembali TMII akan dilakukan bersamaan kegiatan G20 pada akhir Agustus 2022.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Sekjen Kemendagri) RI, Suhajar Diantoro menyampaikan beberapa arahan agar menjadi perhatian oleh pemerintah provinsi.

Suhajar ingin kepala daerah menyatukan pendapat agar pemerintah provinsi langsung bergerak melakukan perbaikan terhadap anjungan daerah di TMII.

"Pak Presiden telah mengarahkan kepada bapak Mensesneg dan Mendagri untuk kembali mengangkat filosofi utama TMII. Untuk itu, perlu melakukan renovasi perbaikan anjungan milik pemerintah provinsi," katanya ketika memimpin rapat koordinasi mengenai revitalisasi anjungan milik pemerintah provinsi di TMII, secara virtual, dihadiri Gubernur Riau Syamsuar, Rabu (20/7/2022).

TMII merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur. Mulai dibangun tahun 1972 dan diresmikan pada tanggal 20 April 1975.

Berbagai aspek kekayaan alam dan budaya Indonesia sampai pemanfaatan teknologi modern ada di areal seluas 150 hektare.