Bupati Motivasi Peserta Diklat Untuk Berhasil

id bupati motivasi, peserta diklat, untuk berhasil

Bupati Motivasi Peserta Diklat Untuk Berhasil

Bangkinang, (Antarariau.com) - Bupati Kampar, Provinsi Riau H Jefry Noer memotivasi peserta diklat Pelatihan Pertanian Terpadu Pertanian Karya Nyata agar memiliki kemauan kuat dalam mengikuti kegiatan tersebut agar mereka bisa sukses dalam berwirausaha setelah menempuh pendidikan.

Ungkapan sindiran bernada motivasi disampaikan Bupati Kampar, Jefry Noer untuk memacu peserta Diklat P4S terus dilakukan saat memberikan pengarahan, apalagi menjelang penutupan dan pembukaan pelatihan.

Sebelum berangkat ke P4S, bapak-bapak seharusnya sudah tahu apa yang akan dilakukan dan apa saja yang harus dipersiapkan dalam mengikuti pelatihan disini," kata Jefry Noer pada pembukaan Pelatihan petani dan pelaku agribisnis angkatan XIII dan XIV sekaligus Penutupan angkatan XI dan XII, di Kubang Jaya Kecamatan Siakhulu.

Ia mengatakan, bukan saya dirinya yang merasa rugi kalau kita tidak siap apalagi hanya dengan niat untuk bermain-main dan malas-malasan saja, bagaimana nasib ke depan itu tergantung kita sendiri, apakah mau mengubah nasib dari kemiskinan menjadi orang yang maju ekonominya.

Ada empat hal yang harus dimiliki kalau kita mau berhasil dan mengubah nasib pertama yakin, dengan memiliki keyakinan akan kemampuan diri merupakan awal kesuksesan karena kita tidak akan ragu melangkah dan menjalankan usaha.

Kedua disiplin harus dijalankan tanpa itu yakinlah tidak akan berhasil, ikuti arahan dan program yang dijalankan selama menempuh dan menjalani pendidikan dan latihan di pusat pelatihan pertanian perdesaan swadaya (P4S) ujar Jefry.

Dengan terbiasa disiplin merupakan langkah awal kesuksesan karena tidak ada orang yang berhasil tanpa mendisiplinkan diri dan tidak lupa memohon pertolongan Allah dengan bangun malam menjalankan shalat Tahajud serta paginya rajin melaksanakan sholat dhuha.

Keberhasilan hanya milik yang maha kuasa kita hanya berusaha karena itu jangan pernah lupa meminta pertolongan dengan doa pada yang Maha kuasa agar apa yang sedang kita lakukan mulai dari awal kita belajar hingga selesai diberi kemudahan begitupun nanti dalam usaha dan mendapat modal diberi kemudahan dan berhasil, tegas Jefry.

Disinilah tempatnya ditempuh untuk menjadi petani profesional ujar Jefry, awalnya tidak tahu sehingga menjadi tahu dan paham bagaimana cara bertanam, mengolah lahan bagi yang menekuni bidang pertanian, begitupun dibidang perikanan tentang bagaimana cara mengelola dan memelihara ikan dari memilih benih sampai pembesaran, termasuk untuk bidang peternakan dan perkebunannya sampai masalah pascapanen akan diberikan ilmunya.

Ketiga Ilmu merupakan hal penting dalam menjalankan usaha apapun, tanpa ilmu bagaimana dapat menjalankan usaha karena tidak punya kemampuan yang dimiliki serta ke empatnya jujur merupakan kunci sukses dalam menjalankan usaha apapun tanpa dilandasi kejujuran maka kerugian atau kegagalan yang kita dapat, kata Jefry.

Ditambah Jefry modal untuk berhasil bukan kepintaran semata karena Pemkab Kampar hanya membantu dan memberi jalan saja terangnya, tetapi semua terpulang kepada pribadi masing-masing apakah mau berhasil atau tidak, karenanya manfaatkan peluang dan kesempatan, jangan sia-siakan waktu tetapi berpaculah dengan waktu untuk meraih kesuksesan dimasa akan datang.

Sementara itu Jayadi alumni P4S angkatan XI dan XII tahun 2013 menyampaikan kesannya saat penutupan itu mengatakan sangat bersyukur adanya program P4S dan alhamdulillah kami dapat saling kenal dengan teman antar Kecamatan dan itu hal pertama yang kami dapat disini.

Ditambah lagi permohonannya setelah dari sini mewakilik kawan-kawan agar diberi kemudahan untuk mendapat modal usaha melalui pinjaman dari Pemkab Kampar.