Bupati Motivasi peserta Diklat PKBM Buat Usaha RTMPE

id bupati motivasi, peserta diklat, pkbm buat, usaha rtmpe

Bupati Motivasi peserta Diklat PKBM Buat Usaha RTMPE

Siak Hulu, (Antarariau.com) - Upaya lebih memacu dan memotivasi peserta pendidikan dan latihan (diklat) menjahit agar lebih semangat membangun ekonomi, Bupati Kampar H.Jefry Noer bersama peserta pelatihan menjahit angkatan 5 dan 6 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Insan Mandiri kunjungi Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi (RTMPE) Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu, selasa.

Bupati menjelaskan dan menjabarkan satu persatu apa saja yang ada dilokasi RTMPE dengan lahan seluas 1000 meter itu, mulai ternak sapi, ayam petelur, ternak lele kerambah, tanaman bawang sampai kelokasi budidaya jamur.

Usai menjabarkan dan memberi arahan peserta menjahit yang semuanya terlihat lelah, dilokasi saung tempat rehat, Bupati memasakkan mie instan buat peserta sambil menerangkan kalau sumber api kompor gas buat masak mie berasal dari kotoran padat ternak sapi yang sudah diolah hingga menjadi biogas.

Dengan antusias peserta angkatan 5 dan 6 yang berjumlah 180 orang menyaksikan seorang Bupati memasakkan mie kemudian menikmati masakan mie instan bikinan Bupati itu.

Terlihat antusias bahkan berlomba saling dahulu meminta mie instan yang siap dimasak Bupati, bahkan terdengar sayup ada yang komentar, hebat Bupati "awakko" artinya kita nih, mau memasakkan mie buat kita peserta menjahit,ujarnya.

Lebih jauh Bupati melanjutkan arahannya, sampaikan apa yang ibu-ibu lihat di RTMPE dan saya sampaikan ini, sepulang kerumah nanti setelah tamat dan lulus dari PKBM dengan suami dan anak kalau ada juga keluarga, kemudian kita ajak bersama membangun ekonomi keluarga.

Gak usah payah dan repot nanti bilang ke suami untuk mengawali usaha, mana yang kita mampu laksanakan dahulu itu yang kita kerjakan bersama dirumah selain yang utama kerjaan ibu-ibu yaitu sesuai bidang ilmunya fokus dengan menjahit, kata Bupati.

Usai itu istruktur RTMPE bidang pertanian Suyatno, yang diminta Bupati menjabarkan secara rinci proses pembuatan media tanam jamur menjelaskan, apa yang ada dilingkungan sekitar rumah banyak yang bermanfaat, nampaknya sepele namun sangat potensial dan bisa memberi atau menjadi sumber penghasilan uang yang sangat menjanjikan buat ekonomi keluarga.

Seperti halnya untuk membuat media tanam jamur hanya dengan bahan serbuk gergaji yang sudah lama, sekam padi, dedak dan tepung kanji sebagai pengikat kandungan juga kapur, dapat jadi media tanam jamur. (Adv)

Pewarta :
Editor: Netty Mindrayani
COPYRIGHT © ANTARA 2016