Pekanbaru kumpulkan Rp4 miliar dari parkir tepi jalan umum

id Parkir pekanbaru, pekanbaru

Pekanbaru kumpulkan Rp4 miliar dari parkir tepi jalan umum

Proses bayar parkir Rumija Pekanbaru sudah menggunakan non tunai. (ANTARA/HO-Pemko)

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Perhubungan, berhasil meraup Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp4 miliar dari jasa layanan parkir tepi jalan umum.

"PAD yang didapat dari jasa layanan parkir dari Januari hingga saat ini sudah Rp4 miliar," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPTD) Perparkiran Dishub Pekanbaru Radinal Munandar di Pekanbaru, Ahad.

Ia mengatakan ini prestasi terbaik sejak kurun waktu belakangan ini pascaalih kelola parkir tepi jalan umum ke pihak swasta.

"Ini penerimaan Pekanbaru selama Januari hingga Juli 2022, sesuai harapan akan menambah PAD dan disetor ke kas daerah," katanya.

Menurutnya, capaian ini dari jasa layanan parkir tepi jalan umum untuk zona 1 yang dikerjasamakan dengan PT YSM.

Radinal mengaku, sejak dilakukan nya kerjasama pada September 2021 lalu belum ada kendala yang ditemukan. Rekanan masih komitmen menyetorkan pendapatan jasa layanan parkir setiap harinya.

"Rekanan masih komitmen dalam menjalankan kontak kerjasama," katanya.

PT. YSM menyetorkan Rp19,7 juta untuk jasa layanan parkir tepi jalan umum di sepanjang zona 1.

Selain ada kepastian pendapatan, dikatakan Radinal, pengelolaan parkir yang dilakukan juga telah menggunakan teknologi.

Mereka menggunakan mesin Elektronic Data Capture (EDC) sebagai pembayaran non tunai. Ada sekitar 500 unit alat yang disediakan.

"Rekanan kembali akan mendistribusikan EDC ke titik Jalan Tuanku Tambusai, Hangtuah, Harapan Raya, dan Arifin Achmad," pungkasnya.