PMI-KKD Riau kumpulkan 777 kantong darah, selamatkan nyawa pasien

id KDD Riau Komplek,Donor darah

PMI-KKD Riau kumpulkan 777 kantong darah, selamatkan nyawa pasien

Keluarga Donor Darah (KDD) Riau Komplek menggelar aksi donor darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Pekanbaru dan PMI Pelalawan. ANTARA/HO-KKD Riau Komplek

Kota Pekanbaru (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Pekanbaru dan PMI Pelalawan bersama Keluarga Donor Darah (KDD) Riau Komplek berhasil mengumpulkan 777 kantong darah dalam aksi donor yang digelar di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan

"Pengumpulan darah yang ke-62 kali ini merupakan agenda rutin KKD Riau Komplek, yang juga didukung oleh Unit Transfusi Darah (UTD) Pelalawan dan Pekanbaru," kata Ketua KDD Riau Kompleks, Nurul Azmi dalam keterangan tertulis yang diterima di Pekanbaru, Senin (30/5).

Dia mengatakan, darah yang terkumpul cukup banyak karena juga didukung pendonor dari karyawan PT RAPP(Riau Andalan Pulp andPaper), keluarga karyawan, kontraktor dan warga Pangkalan Kerinci.

Ia menyebutkan, aksi kemanusiaan ini sempat tertunda saat pandemi COVID-19, namun partisipasi pendonor tetap tinggi, mereka bisa langsung mendaftar secara daring, sehingga bisa memilih waktu untuk melakukan donor misalnya pada Sabtu (28/5) dan tidak perlu antre sekaligus mengurangi kerumunan.

Fredrick Constanthia Thianda (24) karyawan RAPP mengatakan manfaat mendonorkan darah antara lain menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, menurunkan berat badan, menurunkan risiko kanker serta dapat mendeteksi penyakit serius.

"Donor darah adalah aksi kemanusiaan karena setetes darah anda dapat menyelamatkan nyawa orang lain," katanya.