Sidak Lapas Tembilahan, HP dan benda tajam disita

id Sidak kamar hunian WBP lapas, Lapas Tembilahan, Kanwil kemenkumham riau, mulyadi

Sidak Lapas Tembilahan, HP dan benda tajam disita

Tampak petugas melakukan penggeledahan di salah satu kamar hunian WBP Lapas Tembilahan, Rabu malam (18/5/2022). (ANTARA/HO-Lapas)

Tembilahan (ANTARA) - Sebagai upaya antisipasi gangguan Keamanan dan Ketertiban (Kamtib), Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tembilahan bersama Kanwil Kemenkumham Riau melakukan sidak di kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Tembilahan, Rabu malam (18/5).

Sidak yang dipimpin oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Riau, Mulyadi dilakukan di kamar hunian WBP pada blok narkotika, kriminal dan wanita.

Dalam operasi tersebut ditemukan sejumlah barang bukti terlarang yang tidak dibenarkan berada di dalam kamar hunian WBP yakni berupa cok sambung, pengisi daya telepon seluler, benda tajam hingga telepon seluler.

“Hasil penggeledahan yang kita lakukan bersama ini baik penggeledahan insedentil, rutin ataupun khusus tidak boleh kita temukan barang bukti seperti ini,” tegas Mulyadi.

Dia meminta kepada seluruh jajaran Lapas Tembilahan agar menjadikan kegiatan razia terhadap hunian WBP sebagai agenda rutin untuk diminimalisir pelanggaran.

“Laksanakan razia rutin setiap minggunya untuk dapat meminimalisir pelanggaran-pelanggaran seperti ini. Sekalipun barang bukti seperti yang ada pada malam hari ini merupakan hal yang ringan atau biasa saja namun harus kita lakukan evaluasi untuk kedepannya menjadi lebih baik lagi,” ucapnya.

Dia juga meminta agar seluruh barang bukti segera dimusnahkan. “Dan seluruh barang bukti ini saya minta agar dimusnahkan,” sambungnya.

Sebelum melakukan sidak, Kadivpas beserta seluruh jajaran melakukan apel gabungan untuk memberi petunjuk dan arahan kepada seluruh jajaran agar melakukan penggeledahan terhadap WBP dan kamar huniannya secara humanis.

“Lakukan penggeledahan secara humanis, jangan dikarenakan saudara sekalian mengenakan seragam menjadi bertindak sewenang-wenang,” pesannya.

Sidak berjalan aman dan kondusif. Sejumlah barang bukti tampak diamankan oleh petugas.