Suka cita WBP Lapas Tembilahan saat lomba di HUT RI

id Lapas tembilahan, WBP lapas tembilahan, ka kapas tembilahan, julianto budhi prasetyono, hut ri ke 77, semarak hut ri di lapas tembilahan

Suka cita WBP Lapas Tembilahan saat lomba  di HUT RI

Semarak perayaan HUT ke-77 RI di Lapas Klas II A Tembilahan, Kamis (18/8/2022). (ANTARA/dok)

Tembilahan (ANTARA) - Dalam rangka mengisi peringatan HUTKemerdekaan Republik Indonesia ke-77, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir,menggelar berbagai perlombaan dengan melibatkan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kepala Lapas Tembilahan, Julianto Budhi Prasetyono, Kamis mengatakan, perlombaan yang diselenggarakan dengan melibatkan warga binaan bertujuan menjaga dan meningkatkan rasa nasionalisme seluruh warga binaan meski terbatas secara fisik karena berada di dalam Lapas.

“Berbagai macam perlombaan ini kita gelar bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme seluruh WBP meskipun terbatas secara fisik dengan berada di dalam Lapas Tembilahan untuk menjalani masa hukuman,” ucap Julianto.

Selain meningkatkan rasa nasionalisme, keterlibatan warga binaan dalam perayaan HUT RI juga bertujuan mempererat ikatan emosional (bonding) petugas dan warga binaan.

“Kegiatan seperti ini juga dapat mempererat ‘bonding’ atau ‘connection’ yang sudah terjalin antar para Petugas dan WBP sehingga Lapas Tembilahan selalu dalam keadaan aman dan kondusif,” tutur Julianto.

Meski hanya perwakilan warga binaan yang terlibat dalam kegiatan, tidak mengurangi tawa dan suka cita diraut wajah seluruh warga binaan dan para petugas Lapas Tembilahan.

“Hanya perwakilan (warga binaan) saja. Karena gak mungkin terakomodir kalau keseluruhan,” ucapnya.

Adapun perlombaan yang digelar yakni lomba menangkap ikan, lomba tarik tambang, lomba pacu karung dan yang terakhir lomba panjat pinang.

Perlombaan panjat pinang menjadi perlombaan pamungkas yang digelar. Meski diwarnai hujan deras, tidak mengurangi antusias dan semangat WBP yang terlibat dalam sembilan kelompok tersebut.

Selain hadiah yang terdapat di puncak pohon pinang, Kalapas dan Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (Ka. KPLP) Rinaldi R juga memberikan hadiah bagi kelompok yang berhasil menaklukkan pohon pinang yang berjumlah dua batang.

Baca juga: HUT RI- Lomba kebersihan hingga peragaan busana meriahkan HUT RI di Lapas Perempuan Pekanbaru