Bandara SSK II Pekanbaru antisipasi keamanan arus mudik lebaran

id Bandara, SSK II,Pekanbaru, gelar, rapat, antisipasi, keamanan, arus,mudik ,lebaran

Bandara SSK II Pekanbaru antisipasi keamanan arus mudik lebaran

Suasana di Bandara SSK II Pekanbaru. (ANTARA/HO-AP II)

Pekanbaru (ANTARA) - Manajemen PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II menggelar rapat komite keamanan, guna antisipasi arus mudik lebaran 1443 H.

Rapat ini menindaklanjuti Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 211 Tahun 2020 tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional, untuk periode pertama di tahun 2022.

"Beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan kali ini di antaranya adalah peningkatan antisipasi kelancaran operasional angkutan lebaran dan beberapa isu keamanan di bandara lain yang perlu mendapat perhatian," kata EGM Bandara SSK II Pekanbaru M. Hendra Irawan di Pekanbaru, Kamis.

Irawan mengatakan, Angkasa Pura II selaku pengelola bandara mengucapkan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas seluruh masukan, tanggapan dan dukungan instansi yang hadir.

Pertemuan ini harus dilaksanakan minimal empat kali dalam setahun, dalam rangka meningkatkan koordinasi, komunikasi dan kolaborasi antara stakeholder terkait.

Ia menjelaskan bahwa pertemuan yang dilakukan secara online dengan tema "Peningkatan Kewaspadaan Keamanan Penerbangan di Masa Angkutan Lebaran 1443H/2022".

Ini dimaksudkan selain sebagai wujud komitmen dalam menjaga standar keamanan dan keselamatan penerbangan di Bandara SSK II Pekanbaru, juga sebagai upaya untuk terus membangun kesadaran dan budaya keamanan penerbangan di tengah ancaman terhadap penerbangan yang mengalami tren peningkatan yang begitu pesat dan beragam.

"Kami akan menjadikannya sebagai rekomendasi untuk peningkatan program keamanan di BandaraSSK II Pekanbaru," kata Irawan.

Pertemuan dihadiri oleh seluruh anggota komite antara lain para pimpinan dan perwakilan Lanud Roesmin Nurjadin, Polresta Pekanbaru, BIN Riau, unsur SKPD Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru, KKP Kelas II Pekanbaru, Karantina Tumbuhan, SKIPM, Airnav, Pertamina, maskapai, ground handling, DKP Kemenhub, Otban Wilayah II Medan serta instansi terkait lainnya.