APJII Riau-Sumbar dan Balmon Pekanbaru sinergi sosialisasi penggunaan frekuensi

id sosialosasi frekuensi, penertiban, APJII Riau, Balmon Pekanbaru

APJII Riau-Sumbar dan Balmon Pekanbaru sinergi sosialisasi penggunaan frekuensi

Anggota APJII Riau - Sumbar dalam giat sosialisai frekuensi dan silahturahmi (ANTARA/Diana S)

Pekanbaru (ANTARA) - Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Riau-Sumatera Barat menggelar sosialisasi frekuensi di salah satu hotel di Pekanbaru, Rabu.

Dalam giat itu menghadirkan pembicara dari Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Pekanbaru, Nofriadi. Sosialisasi itu sendiri diikuti puluhan anggota APJII Wilayah Riau-Sumbar.

Dalam paparannya, Nofriadi membawakan tema "Taat Menggunakan Frekuensi Free License Menghindari Interferensi dan Keselamatan Jiwa". Dia banyak menyampaikan mengenai aturan dan regulasi yang berkaitan dengan penggunaan frekuensi radio di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Jenderal APJII, Zulfadly Syam memaparkan bahwa hingga saat ini, jumlah pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 75 persen lebih.

"Data yang kita himpun, hingga saat ini, ada sekitar sekitar 193 juta orang di Indonesia yang melek internet. Sehingga secara tanpa sadar, kita yang ada di APJII ini sudah jadi menjadi pahlawan konektifitas," ungkap Zulfadly.

Dikatakan Zulfadly, saat ini ada sekitar 700 Internet Service Provider (ISP) di Indonesia saat ini. "Sampai tahun 2024 bisa mencapai dua kali lipat. Jumlah itu di luar anggota APJII yang non penyelenggara jasa internet, jumlahnya saat ini sekitar 2.600 anggota," kata Zulfadly.

Kondisi tersebut, menurut dia, mengakibatkan perkembangan pesat industri jasa internet.

"Oleh sebab itu, peran APJII sangat penting terutama dalam membangun kolaborasi dengan seluruh stake holder yang berkaitan dengan industri internet. Dan kolaborasi ini menjadi program prioritas APJII periode ini," kata Zulfadly.

Tak hanya mengadakan sosialisasi, pertemuan itu juga sebagai ajang silaturahmi dan buka puasa bersama APJII Riau-Sumatera Barat.

Ketua Pengurus Wilayah APJII Riau-Sumatera Barat S Bambang yang diwakili oleh Bendahara Pengurus Wilayah APJII Riau-Sumatera Barat, Tengku Muhammad Syukronsyah mengungkapkan gelaran buka puasa bersama menjadi ajang bagi APJII menjalin silaturahmi antar sesama anggota APJII.

Dia juga mengutarakan APJII Riau-Sumatera Barat saat ini sudah melakukan penambahan anggota. "Kemungkinan ke depan kita melihat akan terus bertambah," ungkapnya.