Gubri sebut tol Pekanbaru - Bangkinang terbaik, seperti jalan di atas kaca

id Gubernur, Riau, Syamsuar,sebut, tol, Pekanbaru, - Bangkinang, seperti,jalan, di, atas, kaca

Gubri sebut  tol Pekanbaru - Bangkinang  terbaik, seperti jalan di atas kaca

Gubernur Riau  Syamsuar  saat meninjau kesiapan JTTS ruas Pekanbaru-Padang seksi Pekanbaru-Bangkinang  yang saat ini progresnya sudah 95 persen, Pekanbaru, Selasa (12/4/2022). (ANTARA/HO-HK)

Pekanbaru (ANTARA) - Menjelang penyelesaian 100 persen jalan bebas hambatan atau Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Pekanbaru-Padang seksi Pekanbaru-Bangkinang pada 20 April 2022 mendatang, mendapat pujian langsung oleh Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar.

Setelah menjajal jalan tol Pekanbaru-Bangkinang, Gubri mengaku sangat kagum dengan pembangunan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang.

"Setelah kita coba tadi, seperti tidak terasa jalannya bagus, seperti jalan di atas kaca," kata Gubernur Riau Syamsuar di Pekanbaru, Selasa.

Gubernur Syamsuar telah meninjau kesiapan JTTS ruas Pekanbaru-Padang seksi Pekanbaru-Bangkinang yang saat ini progresnya sudah 95 persen atau tinggal finishing sebelum difungsikan pada mudik Lebaran tahun 2022.

Dikatakan Syamsuar, diperkirakan tol JTTS H-5 lebaran akan dibuka atau uji coba untuk mudik Lebaran, melalui pintu masuk di STA 09, tepatnya di Sungai Pinang depan SPN Polda Riau.

"Berdasarkan laporan dari Hutama Karya (HK), nanti pada 20 April pihak Kementerian PUPR akan meninjau jalan tol Pekanbaru-Bangkinang," katanya.

Setelah dicoba Gubribersama rombongan,hanya butuh waktu 20 menit sampai di Bangkinang.

"Karena itu, kita harapkan sebelum Lebaran, jalan tol Pekanbaru-Bangkinang sudah bisa dibuka sehingga orang mudik bisa memanfaatkannya," kata Gubri.

Lebih lanjut,Gubri mengatakan, saat dibuka pada Lebaran nanti jalan tol Pekanbaru-Bangkinang akan dibuka satu jalur, yakni jalur mudik dari Pekanbaru menuju Bangkinang.

"Dari kesiapan yang kita lihat tadi, nampaknya nanti dibuka satu jalur untuk mudik Lebaran Pekanbaru menuju Bangkinang dan nanti sebaliknya dibuka satu jalur lagi untuk arus balik Bangkinang menuju Pekanbaru," terangnya.

Ia mengaku mendapat laporan dari HK, jalan tol Pekanbaru-Bangkinang ini sudah dinilai oleh Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR).

"Jadi jalan tol ini terbaik kedua nasional dari sekian banyak jalan tol di Indonesia, berarti kualitasnya luar biasa," katanya.

Sementara itu, Project Director Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang Bambang Hendarto mengatakan, jalan tol Pekanbaru-Bangkinang akan dibuka gratis pada saat mudik Lebaran.

"Jalan tol Pekanbaru-Bangkinang dibuka gratis untuk mudik Lebaran karena masih uji coba. Jalan tol akan dibuka H-5 Lebaran, teknisnya untuk jalur mudik dibuka dari Pekanbaru arah Padang, sedangkan sebaliknya lewat jalan nasional kemudian pada H+5 ditukar arusnya," pungkasnya.