151 pejabat definitif dilantik, Bupati Meranti akan evaluasi masa sebulan kerja

id Pelantikan pejabat definitif,Pejabat Meranti,Sekda Meranti,Bupati Adil

151 pejabat definitif dilantik, Bupati Meranti akan evaluasi masa sebulan kerja

Sekda Kabupaten Kepulauan Meranti Bambang Supriyanto saat menandatangani berita acara pelantikan yang disaksikan oleh Bupati Muhammad Adil, Rabu (9/3). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Sebanyak 151 pejabat definitif di lingkungan PemkabKepulauan Meranti dilantik Bupati Muhammad Adil, Rabu, seiring Susunan Organisasi dan Tata Kelola (SOTK) yang baru mulai berjalan pada Maret 2022 ini.

Pelantikan itu termasuk Bambang Supriyanto yang resmi menjabat sebagai Sekda Kepulauan Meranti definitif, yang sebelumnya sempat menyandang Pelaksana Tugas (Plt) beberapa bulan.

Bupati Adil menegaskan, pejabat yang dilantik agar melaksanakan tugasnya sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Ia tidak mau ada pejabat yang malah mencampuri urusan atau kewenangan yang lain dan tidak membuat polemik terhadap kebijakan pemerintah daerah.

"Bangun komunikasi yang bagus antara pimpinan dan bawahan. Saya kasih waktu satu bulan untuk bekerja dan buktikan, akan saya evaluasi lagi nanti. Saya tidak pernah memandang siapa orangnya, yang penting laksanakan tugas dengan baik," kata Bupati.

Secara khusus, dia meminta Sekda Kepulauan Meranti yang baru didefinitifkan tersebut untuk bekerja maksimal dalam mengkoordinir para OPD, untuk mempercepat tujuh program strategis yang telah dicanangkan.

"Yang pasti dalam waktu dekat, Sekda dan BKD untuk segera melaksanakan asesmen bagi pejabat untuk mengisi beberapa kekosongan jabatan di beberapa OPD," sebutnya.

Sekda Kepulauan Meranti Bambang Suprianto mengaku siap dengan arahan dan tugas yang diamanahkan kepada dirinya. "Pada dasarnya kita siap dengan perintah atasan. Semuanya sudah diatur dan siap dilaksanakan," ujarnya.

Mengingat masih ada kekosongan sejumlah pimpinan OPD, Sekda Bambang akan segera mengusulkan pelaksanaan asesmen ke Komisi Aparatur Sipil Negeri (KASN). Ada setidaknya 22 formasi untuk jabatan pimpinan tertinggi pratama (JPTP) lainnya yang akan diseleksi.

"Kami persiapkan dulu semuanya. Kalau nanti disetujui KASN baru kita siapkan panitia seleksi. Targetnya asesmen tersebut di bulan April. Saat ini sudah ada 15 orang yang memenuhi syarat untuk mengikuti itu. Untuk itu, sementara ini kekosongan yang sekarang diisi dulu sama pejabat sementara," jelas Bambang.

Hadir dalam pelantikan tersebut, Anggota DPRD Kepulauan Meranti Pandumaan Siregar, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG, Kepala Kantor Kemenag Meranti Sulman, Danramil, Danposal dan para asisten dan Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Meranti.

Adapun rincian pejabat yang dilantik di halaman Kantor Bupati tersebut yakni, enam orang pejabat eselon II, 81 orang eselon III dan 64 pejabat eselon IV.