Polisi Pekanbaru ringkus maling spesialis rumah kosong

id Maling spesialis rumah kosong diringkus polisi Pekanbaru,Pencuri pekanbaru, maling

Polisi Pekanbaru ringkus maling spesialis rumah kosong

Maling spesialis rumah kosong yang diamankan Polsek Limapuluh. (ANTARA/HO-Polsek limapuluh)

Pekanbaru (ANTARA) - Pria berinisial HT (32) diringkus Polsek Limapuluh atas dugaan kasus pencurian di sebuah rumah di Jalan Budi Luhur, Perum Bakti Cipta Residence saat dalam keadaan kosong pada Kamis (3/3).

Kapolsek Limapuluh Kompol Dany Andhika Karya Gita, Senin, menyebutkan pemilik rumah mengetahui rumahnya kemalingan setelah diberitahu tetangganya.

Setelah diberitahu tetangganya, korban kemudian pulang ke rumah dan melihat pintu belakang sudah dibongkar.

Setelah diperiksa ternyata telah hilang beberapa barang yaitu sebuah laptop, sebuah Digital Video Recorder (DVR), satu unit handphone, satu unit tablet dan juga tabung gas ukuran tiga kilogram. Kemudian, korban segera membuat laporan di Polsek Limapuluh.

Atas laporan tersebut, aparatPolsek Limapuluh segera bergerak dan berhasil mengamankan pelaku di hari yang sama di Jalan Sutomo, Kecamatan Limapuluh sekitar pukul 16.00 WIB.

Baca juga: Pencuri 26 HP di Pekanbaru diringkus di Sumatera Barat

Dari hasil interogasi, diketahui pelaku ternyata telah beberapa kali mencuri sebelumnya dan merupakan spesialis rumah kosong,.

Adapun lokasi pelaku melakukan aksinya sebelumnya yaitu di Jalan Sejahtera, Kecamatan Tenayan Raya. Pelaku berhasil menggasak laptop, kamera, handphone dan dua buah cincin.

Selanjutnya di sebuah rumah di Jalan Kuantan Raya, Perum Jondul lama Blok G 21. Di rumah ini pelaku menggasak TV dan laptop.

"Untuk masyarakat yang ingin meninggalkan rumahnya dalam keadaan kosong, diharapkan dapat memberitahu tetangga atau petugas keamanan. Atau dapat menyuruh saudara untuk menjaga rumah sementara," pesan Andy.

Akibat perbuatannya, pelaku disangkakan atas pasal 363 ayat (1) KUHP dengan ancaman maksimal 7 tahun penjara.

Baca juga: Dua remaja ini nekat bobol kotak amal masjid di Pekanbaru