Staf Ahli Bupati Kampar dampingi Kapolda tinjau vaksinasi massal

id Vaksin,kapolda riau,kampar, polda riau

Staf Ahli Bupati Kampar dampingi Kapolda tinjau vaksinasi massal

Kapolda Riau Irjen Pol M Iqbal bersama staf ahli Bupati Kampar Syansul Bahri tinjau vaksinasi di Rimbo Panjang. (ANTARA/dok)

Kampar (ANTARA) - Staf Ahli Bupati Kampar Syamsul Bahri mendampingi Kapolda Riau Irjen M Iqbal meninjau pelaksanaan vaksinasi massal serentak di halaman kolam pancing Galatama Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Jumat.

Dalam peninjauan itu juga dilakukan video conference bersama Presiden RI Joko Widodo.

Jokowi menegaskan bahwa kunci dari penanggulangan COVID-19 ini adalah vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan.

“Saya rasa kalau dua ini kita tingkatkan secara masif di masyarakat Insya Allah negara kita bisa berubah dari pandemi menjadi endemi dan peningkatan ekonomi bisa kita percepat,' ujarnya.

Presiden juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh kepala daerah, unsur TNI-Polri serta lapisan masyarakat dalam pelaksanaan percepatan vaksinasi COVID-19, dan berharap agar selalu menjaga protokol kesehatan dan utamakan pemakaian masker.

Selepas itu, Kapolda mengatakan capaian percepatan laju vaksinasi Provinsi Riau untuk dosis pertama sudah lebih dari 91,3 persen dan dosis dua 65 persen.

“Kemaren 63,13 persen artinya kita optimis dosis dua awal Maret kita dedikasikan dengan seluruh stake holder, seluruh masyarakat mencapai angka 70 persen seperti yang diamanatkan dan diperintahkan Bapak Presiden untuk mengantisipasi mentransmisikan COVID-19 khususnya varian omicron," ujarnya.

Dia menyampaikan untuk dosis III (booster) Riau berada pada urutan ke 15 dari 34 Provinsi di Indonesia hampir 4 persen dari total vaksinasi.

“Untuk lansia yang akan kita kebut dan saat ini hampir 63 persen tetapi sama dengan dosis II kita dedikasikan bulan Maret optimis mencapai 70 persen, begitu juga anak-anak," terangnya.

Ini artinya, seluruh stakeholder, TNI Polri, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, tokoh agama, tokoh pemuda dan semua elemen masyarakat bersatu padu dalam mempercepat laju vaksinasi ini.

"Karena kita faham varian omicron ini transmisinya sangat luar biasa berkali lipat dari pada varian-varian sebelumnya," terangnya.

Oleh karena itu, ada dua variabel penting untuk mengantisipasi itu, yang pertama protokol kesehatan terutama penggunaan masker dan yang kedua percepatan lajunya vaksinasi.

"Hari ini dilaksanakan vaksinasi secara serentak sebanyak 350 titik di Provinsi Riau," jelasnya.

Di sisi lain, Staf Ahli Bupati Kampar Syamsul Bahri mengatakan untuk Kabupaten Kampar capaian vaksinasi per 17 Februari tahun 2022, dosis pertama mencapai 82,74 persen, dosis dua 51,08 persen dan dosis III (Booster) 2,54 persen.

Sedangkan untuk capaian vaksinasi lansia, dosis pertama mencapai 60,40 persen, dosis dua 36,26 persen, dosis tiga (booster) 1,56 persen.

Capaian vaksinasi COVID-19 untuk anak-anak dosis pertama mencapai 40,73 persen dan dosis dua 0,47 persen.