Hanya 700 depot air yang punya izin di Pekanbaru

id depot air minum,air minum pekanbaru,air minum

Hanya 700 depot air yang punya izin di Pekanbaru

Ilustrasi. ANTARA/Rivan Awal Lingga)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru mendata saat ini hanya sekitar 700 depot air minum isi ulang yang miliki izin operasi di wilayah setempat.

"Hanya sekitar 700 yang ada dalam data Diskes Kota Pekanbaru," kata Kepala Diskes Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy di Pekanbaru, Senin.

Dikatakan Zaini, ratusan depot air minum yang terdata di Diskes itu sudah memenuhi persyaratan dalam beroperasi dan layak dikonsumsi.

Jadi, warga diingatkan mengkonsumsi air isi ulang pada depot air yang sudah punya izin.

"Karena yang tidak ada izin Diskes maka airnya tidak dijamin apakah mengandung bakteri ecoli, atau logam-logam berat yang berbahaya bagi masyarakat yang mengkonsumsinya" jelasnya.

Dijelaskan Zaini Rizaldy, sebelum memberikan rekomendasi Diskes meminta pemilik usaha depotmemeriksakan terlebih dahulu sampel air minum.

"Ini salah satu syarat," katanya.

Selanjutnya setelah beroperasi, Diskes juga tetap memantau dan memeriksa ulang kondisi air minum depot yang ada satu kali dalam tiga bulan guna memastikan kualitas air itu tetap layak dikonsumsi.

"Tiap tiga bulan akan di evaluasi ulang, diperiksa kualitas airnya baik secara fisika, kimia maupun biologisnya. Apakah ada ecoli atau logam-logam berat yang berbahaya bagi masyarakat yang mengkonsumsinya" jelasnya.

Ditanya apakah ada depot air minum yang ditutup setelah beroperasi, karena tidak memenuhi persyaratan dia mengatakan belum ada.

"Belum ada karena memang pada saat mengurus izin sampelnya mereka diperiksa dan memang memenuhi syarat," tutup Zaini Rizaldy.