Dinkes Rohil Klaim Rajin Lakukan Pengecekan Depot Air Minum

id dinkes rohil, klaim rajin, lakukan pengecekan, depot air minum

Dinkes Rohil Klaim Rajin Lakukan Pengecekan Depot Air Minum

Rokan Hilir (Antarariau.com) - Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau mengaku rutin melakukan pengecekan kualitas air serta izin depot air minum isi ulang yang beroperasi didaerah itu.

"Kalau ada konsumen mengeluh dengan kondisi air isi ulang yang dibeli dikedai atau depot, harus dipertanyakan izinnya. Karena semua depot sudah kami periksa airnya di laboratorium," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Rohil, M Junaidi Saleh di Bagansiapiapi, Kamis.

Ia menyatakan bahwa seluruh depot air minum isi ulang yang beroperasi di Rokan Hilir sudah mengantongi izin resmi. Namun apabila pemilik depot tidak mengantongi izin usahanya akan dicabut.

"Biasanya tahap awal pendirian depot diperiksa sumber airnya, layak apa tidak. Jika layak maka izin akan dikeluarkan. Namun, untuk air isi ulang yang diwarung kami tidak tahu dan akan ditelusuri," tegasnya.

Menurut dia, biaya yang besar menjadi kendala dalam melakukan pemeriksaan ulang sumber air di laboratorium bagi pemilik depot. Dengan begitu, kedepan Dinkes Rohil akan mempersiapkan peralatan untuk pemeriksaannya.

"Jadi kalau sudah ada laboratorium mini bisa periksa langsung disini dan tidak memerlukan biaya besar untuk dibawa ke laboratorium Pekanbaru," katanya.

Junaidi juga mengimbau kepada masyarakat untuk lebih teliti ketika membeli air isi ulang.

"Masyarakat harus jeli memilih depot air isi ulang higienis. Bila ada temuan segera laporkan supaya dapat ditindaklanjuti," imbaunya. (ADV)

Oleh: Dedi Dahmudi