Pemkab Akan Siapkan Ranperda Depot Air Minum

id pemkab akan, siapkan ranperda, depot air minum

Pemkab Akan Siapkan Ranperda Depot Air Minum

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau menyiapkan draft rancangan peraturan daerah tentang pengelolaan depot air minum di daerah untuk meningkatkan pendapatan asli daerah.

"Kami menyiapkan Ranperda dalam rangka mempermudah pengawasan pengelolaan air minum layak," kata Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK) Detri Elvira di Teluk Kuantan, Rabu.

Ia mengatakan, rancangan itu sudah masuk uji publik, jika selesai nantinya sangat berdampak positip dalam usaha pengelolaan air minum yang layak sesuai standar kesehatan, selain menyikapi berbagai keluhan warga terkait mutu air.

Masyarakat butuh air yang jernih, steril dan bebas dari kuman maupun yang bakal menyebabkan terganggunya kesehatan jika di manfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga khususnya untuk diminum sehari - hari.

" Kualitas air sangat diutamakan," sebutnya.

Dinas Kesehatan berupaya keras untuk menyiapkan segala sesuatunya, agar pada akhirnya akan menghasilkan dan membantu peningkatan pendapatan asli daerah.

Pengelolaan usaha air minum sudah banyak di sejumlah kecamatan bahkan hingga ke desa, jika didata dengan baik dan dikelola secara maksimal justru akan menambah penghasilan keluarga dan pemerintah.

" Karena itu upaya untuk menertifkan depot air minum dilakukan agar konsumen terlindung serta usaha ini legal," terangnya.

Menurutnya, Ranperda yang menyangkut izin usaha depot air minum isi ulang ini, guna menindaklanjuti ketentuan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) tentang tata laksana pengawasan kualitas air minum.

Pihak Diskes juga berharap Perda ini nantinya diterima dengan baik oleh masyarakat, selain itu tentu saat ini perlu dukungan dan saran untuk penyempurnaannya sehingga pada akhirnya sangat sesuai dengan harapan banyak pihak.

" Usaha depot air berpotensi tinggi untuk bisnis besar jika semua berjalan dengan kinerja yang baik," ujarnya.

Salah satu warga Kuansing Hendri (36) mengatakan, upaya pemerintah past didukung semua pihak, karean untuk menjaga tertifnya usaha dan kualitas air bersih yang di sediakan pemilik nantinya.

" Kami sangat merespon positip, jika perlu 2016 sudah jalan," ucapnya.