Pasar Tani di Belitung raih transaksi kebutuhan pangan Rp21 juta sehari

id bangka belitung,belitung,pasar tani

Pasar Tani di Belitung raih transaksi kebutuhan pangan Rp21 juta sehari

Aktivitas pasar Tani di Belitung (ANTARA/Kasmono)

Belitung, Babel (ANTARA) - Pasar Tani yang dibuka oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diminati masyarakat daerah setempat untuk membeli kebutuhan pangan sehingga mampu meraih transaksi Rp21 juta dalam sehari.

"Masyarakat antusias atau cukup menikmati belanja di pasar Tani yang kami buka setiap bulan di minggu pertama," Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, Destika Efenly di Tanjung Pandan, Jumat.

Tingginya minat masyarakat belanja di pasar Tani kata dia, dibuktikan dengan angka transaksi pembelian yang mencapai Rp21 juta.

"Meskipun hanya satu hari kami buka pasar Tani dengan 20 pedagang menjual kebutuhan pangan terutama hasil pertanian, namun mampu membukukan mencapai Rp21 juta seluruh pedagang," jelasnya.

Menurutnya, pasar Tani dibuka untuk memberikan peluang petani menjual langsung hasil pertanian dan masyarakat memperoleh barang kebutuhan dengan kualitas baik dan murah.

"Harga hasil pertanian yang dijual di pasar Tani tentu harganya relatif lebih murah dibandingkan harga yang dijual oleh pedagang di pasaran karena produk dipasok langsung petani," katanya.

Dia mengatakan, seluruh pedagang dan pengunjung pasar Tani yang di pusatkan di depan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) wajib menerapkan protokol kesehatan