Begini kronologis pembakaran kantor Bappeda Riau

id Pembakaran kantor Bappeda Riau,Bappeda riau, bappeda dibakar

Begini kronologis pembakaran kantor Bappeda Riau

Kepolisian saat mengamankan sisa barang bukti pembakaran kantor Bappeda Riau.(ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - Aparat Polda Riau, Rabu pagi ini mengamankan barang-barang yang terbakar di kantor Bappeda Riau, di Kota Pekanbaru.

Tersangka berinisial I selain membakar juga merusak pintu masuk di lantai satu untuk menuju lantai II kantor itu.

Kasubdit III Jatanras Polda Riau Kompol Ernis Sitinjak mengatakan setelah proses penyidikan, pernyataan saksi dan barang bukti sudah cukup, kini I berstatus tersangka atas tuduhan perusakan dan pembakaran.

Berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara dan pemeriksaan saksi pelaku I melakukan aksinya akibat cemburu. I menuduh istrinya yang merupakan pegawai di kantor tersebut telah berselingkuh.

"Atas dasar itu pelaku datang membawa palu di tangan kanan, minyak tanah dan handuk yang sudah dibasahi minyak tanah di tangan kiri kemudian dibakar di lantai dua. Dengan palu yang dibawanya, pelaku merusak pintu masuk kaca di lantai satu," jelasnya.

Tersangka mengaku memang sudah mempersiapkan barang-barang tersebut dari rumah. Sedangkan handuk tersebut dibasahinya di dalam mobil sebelum turun melakukan aksinya.

"Setelah memecahkan pintu kaca, di dalam tersangka bertemu dengan penjaga dan mengacungkan palu dan berkata 'jangan mendekat, jangan macam-macam'. Lalu I pergi ke lantai dua," ucapnya.

Berdasarkan hasil pernyataan keluarga, pelaku tidak memilikiriwayat punya gangguan kejiwaan dan tak pernah melakukan hal serupa sebelumnya.

"Tapi akan kami dalami lagi sebab ada kejanggalan, kenapa hanya karena alasan seperti itu pelaku nekat membakar dan merusak," pungkasnya.

Sebelumnya dilaporkan sekitar pukul 14.15 WIB terjadi kebakaran di Kantor Bappeda Riau di jalan Gajah mada, Selasa. Tampak kepulan asap tebal keluar dari bangunan tersebut, Selasa (1/2).