Pemerintah alokasikan Rp110 miliar untuk PORA ke XIV di Pidie

id Aceh,venue,lapangan,olahraga,desember,pora,ekonomi,pemerintah aceh,110,miliar,bupati

Pemerintah alokasikan Rp110 miliar untuk PORA ke XIV  di Pidie

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman (Perkim) Pidie, Thantawi di Pidie. (ANTARA/Mira Ulfa)

Banda Aceh (ANTARA) - Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman Pidie,Thantawi menyatakan pihaknya mengalokasikan dana Rp110 miliar untuk persiapan pelaksanaan Pekan Olah Raga Aceh (PORA) ke XIVtahun 2022 di Kabupaten Pidie, Aceh.

"Dana tersebut di kucurkan secara bertahap. Tahap pertama dialokasikan sebesar Rp20 miliar pada tahun 2020 dan tahap kedua sebanyak Rp90 miliar dianggarkan pada 2021," kata Thantawi di Pidie, Sabtu.

Thantawi menjelaskan dana hibah tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA). Anggaran pertama Rp20 miliar sudah di gunakan untuk pembangunan, seperti Gedung Wisma atlet tahap I di komplek Diklat Pidie.

Selanjutnya, untuk pembangunan lapangan tenis, pembangunan lapangan volipantai, timbunan Pidie Sport Center serta untuk perencanaan dan pengawasan.

Ia menambahkan, untukhibah kedua sebanyak Rp90 miliar targetnya akan digunakan untuk kebutuhan rehabilitasi berat venue menembak, melanjutkan pembangunan Wisma atlet tahap II.

Ia juga merincikanpembangunanlainnya seperti pembangunan venue atletik, basket outdoor, bola kaki, bola volly outdoor, bulutangkis, dayung, layar, panahan, panjat tebing, petanque, sepatu roda, taekwando, dan venue bola volly indoor.

"Semua pembangunan venue tersebut di area yang berbeda-beda namun tetap dalam Kabupaten setempat," katanya menambahkan.

Thantawimenjelaskan untuk persiapan seperti lelang konsultan pengawas di mulai pada Februari hingga Maret, sedangkan lelang fisik pada Februari dan kontrak pada Maret sampai September.

"Khusus gedung taekwando lelang perencanaan pada Februari, kontrak perencanaan Maret hingga Mei, lelang fisik pada Mei dan kontrak fisik Juni hingga Desember," pungkasThantawi.