Masyarakat Tasik Betung Panen Ikan Keramba

id masyarakat tasik, betung panen, ikan keramba

Masyarakat Tasik Betung Panen Ikan Keramba

Siak, Riau, 2/5 (antarariau.com) Masyarakat yang tinggal di Tasik Betung yang berada di Kecamatan Tasik Serai dan Kecamatan Sungai Mandau, Bengkalis, melakukan panen ikan keramba untuk yang ke empat kalinya bersama kalangan perguruan tinggi dan pihak perusahaan.

"Program keramba ikan di Tasik Betung merupakan bentuk partisipasi dan kepedulian Sinar Mas Forestry yang terintegrasi dalam program kepedulian perusahaan (CSR)," ujar pimpinan Sinarmas Purwanto, didampingi Public Relations Arara Abadi Nurul Huda, di Siak, Kamis.

Tasik atau disebut juga danau kecil Betung merupakan tempat kedua selain di Desa Temiang, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, Riau, sebagai program CSR bidang perikanan Sinar Mas Forestry bekerjasama dengan Universitas Islam Riau (UIR).

Hutan yang ada di Tasik termasuk dalam Suaka Margasatwa dan berada kawasan inti Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Bukit Batu dan bagian dari jaringan cagar biosfer dunia yang di inisiasi oleh Sinarmas-Asia Pulp and Paper (APP) yang telah diakui dan ditetapkan oleh Unesco.

Tokoh masyarakat Tasik Betung Ayung mengatakan, masyarakat jadi terbantu dengan adanya keramba dan seluruh biaya yang dikeluarkan ditanggung oleh pihak perusahaan.

"Untuk menambah pendapatan masyarakat yang sebagian besar hidup di Tasik Betung mengandalkan berkebun dan bertani. Kami menyadari belum seluruh masyarakat merasakan manfaat dari program yang sudah hampir setahun berjalan," katanya.

Kelompok Studi Perairan UIR Ir Rosadi, mengatakan, program yang di survei kelompok pengairan Fakultas Pertanian UIR bersama-sama dengan Sinarmas tahun 2011 dan pelaksanaan di mulai setahun kemudian mulai membuahkan hasil pada tahun ini.

"Awal kami melihat potensi perairan yang sangat baik untuk budidaya ikan keramba, meskipun ada masyarakat yang menangkap ikan secara tradisional. Berkat bantuan pihak perusahaan, kami mencoba membudiday) ikan secara terkontrol," ucapnya.

Pada acara panen ikan keramba, turut dihadiri pejabat dari pusat Konservasi dan Rehabilitasi Badan Penilitian dan Pengembangan Departemen Kehutanan Tajuddin, Manager Program Priyatno dan Sindy, Manager Flagship dan Cagar Biosphere Program Sinar Mas Forestry Yuyu Arlan dan dari pihak UIR.