Balai TNTN Akan Tindak Tegas Pembakaran Hutan

id balai tntn, akan tindak, tegas pembakaran hutan

Pekanbaru, (antarariau.com) - Kepala Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) Kupin Simbolon menyatakan pihaknya akan menindak tegas siapa saja yang tertangkap merambah dan membakar hutan pada area konservasi di Provinsi Riau itu.

"Setiap perambah yang membakar lahan tidak ada ampun lagi, sikat habis," tegas Kupin kepada Antara di Pekanbaru, Sabtu.

Menurut dia, sudah terdeteksi adanya kebakaran di dalam area hutan Tesso Nilo. Sumber kebakaran berasal dari luar area konservasi yang merambat ke dalam Tesso Nilo.

Kawasan yang terbakar itu juga merupakan area perluasan TNTN yang baru ditetapkan pada tahun 2009. Lokasi tersebut memang diketahui sudah banyak terjadi perambahan.

"Selama ini, kami kewalahan karena makin banyak perambah baru. Akan tetapi, saya berjanji mereka akan dihabisi karena merusak lingkungan alam," katanya.

Kementerian Kehutanan menetapkan Tesso Nilo sebagai kawasan konservasi Taman Nasional, yang sebelumnya merupakan hutan produksi terbatas, dengan luas mencapai 83.068 hektare (ha). Sebagian besar kawasan itu berada di Kabupaten Pelalawan, sebagian kecil di Kabupaten Indragiri Hulu.

Tesso Nilo sempat mengalami perluasan dari tahap pertama berdasarkan SK Menteri Kehutanan Nomor: SK.255/Menhut-II/2004 seluas 38.576 ha, kemudian melalui SK Menteri Kehutanan Nomor: SK 663/Menhut-II/2009 ditambah sekitar 44.492 ha.

Namun, kondisi TN Tesso Nilo makin memprihatinkan karena berdasarkan survei terakhir WWF pada tahun 2011 disebutkan kawasan hutan sudah berubah menjadi kebun kelapa sawit mencapai 15.714 ha. Pembalakan liar yang baru terjadi juga mengakibatkan 1.534 ha hutan gundul, dan 3.846 ha sudah tinggal semak belukar.

Alih fungsi menjadi kebun karet, kata dia, mencapai 328 ha dan penggunaan untuk fungsi lainnya seluas 34 ha.

"Tanpa ada upaya bersama dari pemerintah daerah dan pemangku kebijakan lainnya, para perambah akan makin merajalela. Kami mengakui keterbatasan personel dan fasilitas untuk pemadaman kebakaran. Akan tetapi, saya berjanji akan menindak tegas mereka semua," kata Kupin menegaskan.