IZI Riau dan Majelis Taklim PTPN V khitan 28 anak dari ke rumah-rumah

id izi Riau,Ptpn v, khitanan massal, sunatan massal

IZI Riau dan Majelis Taklim PTPN V khitan 28 anak dari ke rumah-rumah

Salah satu anak yang dikhitan oleh IZI Riau-Majelis Taklim PTPN V. (ANTARA/HO-IZI Riau).

Pekanbaru (ANTARA) - Inisiatif Zakat Indonesia Perwakilan Riau bersama Majlis Taklim PTPN V menyasar 28 anak dari keluarga tidak mampu untuk dikhitan secara massal sebagai bagian dari proses pembersihan diri sebelum beranjak dewasa dan menjalankan ibadah sebagai umat muslim.

"Banyak manfaat sunat untuk kesehatan pria, seperti mengurangi risiko infeksi saluran kemih, mengurangi risiko seorang laki-laki mengalami infeksi saluran kemih, mengurangi risiko kanker penis. dan sunat mencegah penyakit menular seksual," koordinator lapangan IZI Riau Muhammad Irwan di Pekanbaru, Kamis.

Menurut dia, pelaksanaan Khitanan ini dilaksanakan lebih kurang dua pekan mulai dari 25 November- 8 Desember 2021. Khitanan ke rumah-rumah ini memang lebih lama karena jarak rumah peserta yang dikunjungi cukup jauh di setiap kelurahan.

Meskipun demikian, kata Irwan, program khitanan at home ini berjalan dengan sukses dan lancar, apalagi berdasar pada sejarah kebudayaan manusia, khitanan telah dikenal oleh sebagian kalangan juga sebagai proses adat.

"Karenanya saat beberapa sekolah swasta sudah mulai libur, momen ini dimanfaatkan oleh Inisiatif Zakat Indonesia Perwakilan Riau bersama Majlis Taklim PTPN V untuk melaksanakan program Khitanan massal, yang digelar dari rumah ke rumah," katanya.

Khitan digelar dari rumah ke rumah, lebih untuk menerapkan disiplin protokol kesehatan, apalagi pandemi COVID-19 belum berakhir. Peserta berasal dari lima kelurahan yaitu Kelurahan Tangkerang Barat, Perhentian Marpoyan, Wonorejo, Maharatu dan Tangkerang Tengah.

Untuk peserta khitan, katanya menyebutkan, dijaring dari keluarga ekonomi menengah ke bawah berdasarkan yang diminta dari perangkat desa setempat seperti RT dan Lurah serta pendamping program Keluarga Harapan. Dan setiap peserta yang sudah dikhitan juga mendapat santunan berupa uang tunai.

"Terima kasih Majlis Taklim PTPN V, saya senang sudah di khitan, Alhamdulillah dapat uang santunan juga buat jajan," ujar Revan dengan bahagia, salah satu peserta khitan dari kelurahan Maharatu.

"Alhamdulillah anak saya sudah dikhitan tanpa harus membayar dan semuanya gratis, ditambah lagi dapat santunan. Terima kasih tak terhingga kepada Majlis Taklim PTPN V dan IZI Riau yang telah melaksanakan program khitanan gratis ini, hanya Allah yang bisa membalas kebaikan kalian," ujarRistika orang tua peserta khitan.