Perempuan milenial Pekanbaru dilatih trampil menjahit oleh IZI Riau-Laznas Pertamina Hulu Rokan

id IZI Riau

Perempuan milenial Pekanbaru dilatih trampil menjahit oleh IZI Riau-Laznas Pertamina Hulu Rokan

Sejumlah perempuan milenial di Kota Pekanbaru mendapat pelatihan menjahit, Senin (22/11/2021). (ANTARA/HO-Humas IZI Riau).

Pekanbaru (ANTARA) - Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Riau bekerja sama dengan Laznas Pertamina Hulu Rokan (PHR) memberikan pelatihan keterampilan menjahit bagi 25 perempuan milenial di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

"Program Ketrampilan Menjahit ini juga tepat sasaran karena sudah dilakukan asesmenkepada calon para penerima manfaat terdiri dari 25 peserta yang umurnya sekitar 18-28 tahun," kata seorang pengurus IZI RiauGhofur di Pekanbaru, Selasa (23/11).

Dia menjelaskan kegiatan pada Senin (22/11) itu, bagian dari Program Pemberdayaan Bidang Ekonomi untuk anak-anak muda yang tidak memiliki pekerjaan tetap. Kegiatan ini sebagai bentuk komitmen IZI dalam mengawal masyarakat yang kurang mampu untuk mandiri dan dapat meningkatkan taraf hidupnya.

"Pada pelaksanaannya, para peserta PIK Menjahit akan dibekali berbagai keterampilan menjahit oleh para mentor ahli. Diharapkan 'output' (luaran) yang dihasilkan dari kegiatan ini mampu mengembangkan keterampilan yang unggul serta kemandirian usaha bagi para peserta," kata Ghofur.

Direktur Laznas PHRAgus SaifulDahlan mengharapkan para penerima manfaat dapat bersungguh-sungguh saat pelatihan dan dapat berkolaborasi juga dengan pelatihan pemasaran digital.

"Jadi, hasil karya penerima manfaat pelatihan menjahit dapat dipasarkan melalui media 'online' (daring) dan niat ini akan kita coba realisasikan bersama IZIPerwakilan Riau," katanya.

Laznas PHR bersama IZI Perwakilan Riau mengusung gebrakan yang dinamakan dengan "Program Pelatihan Menjahit Untuk Dhuafa" dengan tujuan merekadapat mandiri secara keuangan dan menjadi pengusaha muda di bidang industripakaian siap jadi.

Ia juga menyebut sudah saatnya para duafa bangkit dan berkarya.

"Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami, selain gratis kegiatan ini tentunya akan memberikan pengalaman yang besar bagi kami terkhusus masyarakat yang kurang mampu, sehingga ke depannya kami bisa membangun usaha sendiri secara mandiri," kata Vina Maydiasari, seorang peserta pelatihan itu.

Kegiatan diresmikan oleh Direktur LaznasPHR Agus Syaiful Dahlan, Kepala Pendayagunaan Laznas IZI Perwakilan RiauGhofur Muhammad Nur, Manajer Operasional Laznas PHRAge Pranata. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Agro Edu Park Jalan Paus, Rumbai.