Pesan Gubri di HKN- 57 : Jangan cuek, COVID-19 masih ada

id Jangan cuek,Hkn, dinkes riau

Pesan Gubri di HKN- 57 : Jangan cuek, COVID-19 masih ada

Pemprov Riau memberikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada semua elemen yang sudah berjuang melawan COVID-19, Pekanbaru, Sabtu (20/11/2021). ANTARA/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Antusias masyarakat pinggiran khususnya di Kubang Raya, Kabupaten Kampar, sangat tinggi untuk mengikuti vaksinasi massal yang digelar oleh Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Sabtu pagi.

Acara yang juga dipadukan dengan puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke- 57 di SMAN 2 Kubang Raya ini dibuka Gubernur Riau Syamsuar.

Syamsuar dalam pidatonya dengan tegas meminta masyarakat tidak boleh cuek dan abai akan protokol kesehatan, terutama menggunakan masker karena pandemi COVID-19 belum berakhir. Bahkan di beberapa negara lain seperti Singapura, Inggris justru sedang terjadi gelombang ketiga.

"Kita tak boleh cuek dan tak boleh abai,COVID-19 masih ada. Ingat kalau kita tidak disiplin tunggulah waktunya, jangan salahkan kami kalau kami tidak maksimal. Karena itu saya ingatkan kembali tetap prokes minimal selalu pakai masker," kata Syamsuar.

Ia juga berpesan masyarakat agar tetap waspada ke depan ada momenlibur panjang Natal dan Tahun Baru agar tidak berlebihan euforianya, menahan diri untuk bepergian.

Ia berpesan masyarakat tetap menerapkan 5 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, hindari kerumunan, mencegah mobilitas interaksi) dalam aktifitas.

"Perayaan Natal akan ada libur panjang hal harus di antisipasi, kesadaran dibutuhkan bahwa COVID-19 belum berakhir," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan, vaksinasi massal yang di gelar di SMUN 2 Siak Hulu ini untuk menjaring warga pinggiran yang masih banyak belum divaksin.

"Vaksinasi ini selain menyasar siswa di SMUN 2 juga masyarakat seputaran Kampar yang tingkat vaksinasinya masih rendah di bawah 40 persen," katanya.

Ia mengatakan Diskes sudah menyiapkan 1.000 dosis untuk vaksinasi kali ini.

"Kita berharap ini tercapai bahkan lebih karena antusias masyarakat dan siswa sangat tinggi," katanya.

Dalam rangka HKN ke- 57 Diskes Riau memiliki beberapa rangkaian kegiatan seperti simposium atau seminar, bhakti sosial di SMU Negeri 2 Siak Hulu Jalan Kubang Raya dalam rangka meningkatkan pelayanan spesialistik kepada masyarakat.

Selain vaksinasi massal, Pemprov juga memberikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada tenaga kesehatan teladan, SDM kesehatan berprestasi di Rumah Sakit Pemerintah Kab/Kota, Institusi/Lembaga, Komunitas dan Relawan COVID-19, serta media massa yang turut membantu dalam Penanganan COVID-19 di Provinsi Riau tahun 2021. Termasuk OJK dan Perusahaan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) yang menjadi perusahaan pertama kali melaksanakan vaksinasi gotong royong di Provinsi Riau.

Perusahaan bagian dari grup APRIL ini dinilai turut aktif dalam membantu dan menjadi mitra pemerintah dalam upaya penanganan COVID-19 di Provinsi Riau.

Penghargaan diterima oleh General Manager Stakeholder Relations (SHR) RAPP, Wan Mohd Jakh Anza.

Ia mengatakan sempena dengan Hari Kesehatan Nasional, juga melaksanakan pelayanan kesehatan bergerak.

"Nanti pada 26 - 29 November kita juga akan mengadakan kegiatan bakti sosial di Rokan IV Kota tepatnya di Desa Simpang Kiri Hilir. Kita juga akan melakukan pelayanan spesialistik di sana," tukas Mimi.