Meriahkan HKN ke-55, Diskes Riau gelar berbagai iven

id Diskes,HKN 2019, HKN Riau

Meriahkan HKN ke-55, Diskes Riau gelar berbagai iven

Kadiskes Riau Mimi Yuliani Nazir (tengah. (ANTARA/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Riau gelar berbagai lomba dan pengobatan penyakit gratis guna memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun 2019.

"Hari Kesehatan Nasional ke -55 yang selalu dirayakan 12 November. Tahun ini bentuknya berbeda, biasanya upacara tanggal 12 diundur tanggal 22 November karena sesuatu hal," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir kepada media di Pekanbaru, Senin (11/11).

Diskes pada tahun ini mengambil tema "Generasi Sehat Indonesia Unggul" dengan sub tema, "Generasi Sehat Riau Bersatu, Riau dengan Berdaya Saing, Bermartabat dan Unggul".

Mimi memaparkan rangkaian peringatan HKN di Riau sudah dimulai sejak beberapa pekan lalu khususnya buat pengobatan yang dilakukan bagi beberapa daerah terpencil di Riau, seperti Kampar, Rupat dan lainnya.

Mimi Yulianimenyebutkan, momentum HKN ke-55 ini adalah sebagai pengingat bagi semua komponen masyarakat, organisasi swasta agar berperan serta dalam upaya kesehatan dengan mengutamakan promotif-preventif dan semakin menggalakkan serta melembagakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

"Banyak kegiatan yang sudah kita lakukan bersempena HKN ke-55, di antaranya memberikan pelayanan kesehatan ke daerah terpencil seperti di Tanjung Medang, Pulau Rupat Utara. Antusias masyarakat di sana cukup tinggi mengikuti pelayanan kesehatan," jelas Mimi.

Selanjutnya, ada lomba senam Germas, di kalangan Diskes. Lomba menu sehat sebagai bekal anak sekolah diikuti 25 tim, lomba cuci tangan diikuti 27 tim, pameran kesehatan dan pemeriksaan kesehatan.

Kemudian tanggal 14 November akan ada cek kebugaran untuk semua eselon di lingkungan Pemprov Riau, dan kepala OPD

Ada juga gerakan masyarakat cerdas menggunakan obat, tujuan agar tahu cara penggunaan obat di masyarakat. Kami juga buat lomba jingle Germas cermat di mal.

Pada 17 November 2019 adalah puncak acara akan digelar di Jalan Gajah Mada, Pekanbaru dengan kegiatan gowes, senam sehat bersama, pameran kesehatan, pemeriksaan HIV/AIDS, donor darah, Bhakti sosial, dan upacara peringatan HKN pada 22 November di halaman kantor Gubernur sekaligus memberikan penghargaan bagi daerah yang berprestasi.