Terima laporan anak diduga gagal ginjal, ini keterangan Diskses Pekanbaru

id Gagal ginjal akut, diskes pekanbaru, bpom pekanbaru

Terima laporan anak diduga gagal ginjal, ini keterangan Diskses Pekanbaru

Ilustrasi- Obat batuk sirup. (FOTO ANTARA/Shutterstock)

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru telah menerima laporan terkait adanya kasus gagal ginjal akut pada anak di wilayahnya.

"Anak ini telah menjalani perawatan di Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru sejak beberapa hari lalu," kata Kepala Diskes Kota Pekanbaru, dr. Zaini Rizaldi Saragih di Pekanbaru, Selasa.

Zaini mengatakan, pihaknya menerima laporan terhadap anak yang dicurigai mengalami gagal ginjal akut atipikal atau tidak diketahui penyebabnya.

"Lima hari yang lalu, itu ada laporan yang kita curigai anak usia 3 tahun alami gagal ginjal. Namun setelah diteliti, ternyata jelas penyebabnya bukan obat," ujar Zaini.

Menurutnya, berdasarkan laporan tersebut tim melakukan penelitian dan ternyata penyebab gagal ginjal akut pada anak ini karena adanya infeksi pneumonia, dan tidak atipikal seperti yang tengah mewabah saat ini.

"Cuma setelah diteliti ternyata jelas penyebabnya, karena ada infeksi. Bukan karena obat sirup dan bukan tidak diketahui penyebabnya," terang Zaini.

Dirinya mengaku, hingga saat ini belum ditemukan kasus gagal ginjal akut pada anak atipikal atau akibat obat sirup.

Diskes Pekanbaru lanjut dia, bersama Balai Besar Pengendalian Obat dan Makanan (BBPOM ) Pekanbaru juga telah mengeluarkan surat larangan menjual 5 jenis obat sirup. Mereka juga melakukan pemantauan di lapangan.

Mereka melakukan uji petik ke sejumlah sarana kesehatan. Tim mengecek terkait penjualan 5 jenis obat sirup yang dilarang dijual.