Blinken: AS kecam tindakan pengambilalihan pemerintahan oleh militer Sudan

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,Sudan

Blinken: AS kecam tindakan pengambilalihan pemerintahan oleh militer Sudan

Barikade jalan dibakar saat kejadian yang disebut Kementerian Informasi sebagai kudeta militer berlangsung di Khartoum, Sudan, Senin (25/10/2021). (ANTARA FOTO/REUTERS/El Tayeb Siddig/FOC/djo)

Washington (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken mengecam pengambilalihan pemerintahan oleh militer Sudan dan penangkapan para pemimpin sipil negara itu.

Kecaman terhadap militer Sudan itu disampaikan Blinken saat melakukan pembicaraan melalui telepon dengan Menteri Luar Negeri Sudan Mariam Sadiq al-Mahdi pada Kamis.

Baca juga: Percobaan kudeta di Sudan telah berhasil digagalkan

Blinken menyampaikan di Twitter bahwa ia dan Menlu Sudan juga membahas cara-cara agar Amerika Serikat dapat mendukung seruan rakyat Sudan untuk kembali kepada transisi demokrasi yang dipimpin pemerintah sipil.

Ribuan orang di negara Afrika itu pada Senin (25/10) turun ke jalan sejak kekuasaan direbut oleh militer dari pemerintah transisi, dan beberapa orang tewas dalam bentrokan dengan pasukan keamanan.

Baca juga: Bentrokan antarsuku tewaskan 40 orang, pemerintah Sudan nyatakan darurat

Panglima angkatan bersenjata Sudan Jenderal Abdel Fattah al-Burhan, yang memimpin pengambilalihan kekuasaan oleh militer itu, telah membubarkan dewan gabungan sipil-militer.

Dewan itu sebelumnya dibentuk untuk mengarahkan Sudan ke pemilihan umum demokratis setelah penggulingan Presiden Omar al-Bashir yang otoriter dalam pemberontakan rakyat pada April 2019 .

Blinken membahas dukungan Washington untuk transisi pemerintahan sipil sesuai dengan Deklarasi Konstitusi Sudan, kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price.

Baca juga: Sudan temukan sebuah kuburan massal peserta wamil yang dibunuh pada 1998

Sumber: Reuters

Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2021