Meranti Expo: Perajin Tawarkan Produk Makanan Dari Sagu

id meranti expo, perajin, tawarkan produk, makanan dari sagu

Meranti, (antarariau.com) - Kabupaten Meranti, Provinsi Riau mengolah berbagai produk makanan yang berasal dari sagu, mulai dari cendol hingga mi gelas sagu.

"Kami melakukan olahan kreatif secara kontinu, terakhir akan dipasarkan mi gelas sagu," ujar Edy (32) satu dari masyarakat yang mendapat pelatihan dari kelompok binaan salah satu perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Meranti, Senin di Selat Panjang.

Dia mengatakan, produk yang kesekian tersebut akan mirip dengan mi gelas yang biasa dikenal. "Hanya saja terbuat dari sagu yang merupakan produk unggulan Kabupaten Meranti dengan bumbu khas Meranti," ujarnya.

Edy telah mendapatkan pelatihan produk dari sagu ini sejak tahun 2000, dari 12 orang yang mendapatkan pelatihan hanya Edy yang tetap giat mengembangkan produk yang semua berasal dari sagu. Diantara produk-produk tersebut, yakni mi sagu, brownes, cendol baik yang basah maupun kering dan kek sagu.

"Alhamdulilah hingga saat ini mendapatkan orderan, satu bulan ini saja mencapai tujuh juta rupiah," sebutnya.

Biasanya Edy yang hanya tamatan Sekolah Dasar ini mendapat pesanan melalui iven-iven yang ditaja oleh pihak

pemerintah daerah.

Tapi, tidak hanya dari orderan pemerintah, penghasilan lainnya juga diperoleh pesananuka perorangan. "Melihat peluang ini, saya akan membuka toko di Selat Panjang guna mengembangkan bisnis produk dari sagu ini tahun 2013,"

jelasnya.

Kabupaten Meranti merupakan salah satu kabupaten termuda di Provinsi Riau, yakni pemekaran dari Kabupaten Bengkalis tahun 2009. Kata Meranti merupakan gabungan tiga pulau, yakni pulau Merbau, Rangsang dan Tebing tinggi.

Berusia empat tahun, Kabupaten Meranti sudah memiliki tujuh kecamatan, tiga kecamatan berbatasan langsung dengan Selat Malaka. Kecamatan tersebut adalah Merbau, Rangsang Barat vdan Rangsang Pesisir.