EMP Promosikan Kuliner Sagu di Meranti Expo

id emp promosikan, kuliner sagu, di meranti expo

EMP Promosikan Kuliner Sagu di Meranti Expo

Pekanbaru (Antarariau.com) - Perusahaan minyak dan gas EMP Malacca Strait SA (EMP MSSA) ikut mempromosikan kuliner dari sagu pada penyelenggaraan Meranti Expo 2014, di halaman kantor Bupati Kepulauan Meranti, Riau, 4-7 Desember 2014.

Kepala Departemen Komunikasi perusahaan hulu minyak dan gas bumi EMP, Dahrul Hidayat, menuturkan selain brownies sagu, stan booth EMP MSSA juga mendisplay sejumlah pangan olahan sagu khas Meranti lainnya. Antara lain, mie sagu, cendol sagu, krupuk sagu, dan lain sebagainya.

Dahrul menambahkan, EMP MSSA, dalam beberapa tahun ini telah berhasil melakukan program pemberdayakan ekonomi masyarakat lokal, salah satunya dengan mengembangkan usaha kecil menengah (UKM) berbasis pangan olahan sagu.

"Di Meranti Expo, masyarakat bisa mencicipi secara langsung nikmatnya produk-produk pangan olahan sagu di stan EMP," ujar Dahrul melalui rilis pers yang diterima Antara di Pekanbaru, Sabtu.

Pengembangan ekonomi masyarakat berbasis pangan olahan sagu ini, mendapatkan sambutan positif dari Bupati Kepulauan Meranti Drs Irwan MSi. Dalam sejumlah kesempatan, bupati meminta agar makanan olahan sagu yang dikembangkan oleh masyarakat dampingan CSR EMP MSSA menjadi makanan khas Meranti.

Menurut Dahrul, selain melakukan pembinaan terhadap UKM, EMP MSSA juga gencar melakukan promosi tentang produk olahan sagu hasil masyarakat dampingan. Beberapa di antaranya melalui sejumlah event pameran, baik di skala lokal maupun nasional.

"Kita ingin agar masyarakat semakin mengenal sagu sebagai makanan khas Meranti, sehingga mampu menumbuhkan perekonomian masyarakat sekitar wilayah operasi," katanya.

Senior Process Engineer EMP Malacca Strait SA, Dani Oktiono menambahkan, selain mengenalkan pangan olahan sagu kepada masyarakat, EMP juga memperkenalkan proses produksi dan eksplorasi minyak dan gas bumi. Melihat ini, para pengunjung banyak yang antusias menanyakan tentang operasional produksi migas dan pengeboran hingga wujud minyak mentah.

Dani Oktiono didapuk untuk memberikan penjelasan kepada pengunjung mengenai profil EMP Malacca Stratit SA dan seluk beluk produksi. Untuk memudahkan penjelasan, ditayangkan film, dokumentasi foto, dan presentasi via layar TV. Dipajang pula botol-botol berisi minyak mentah hasil produksi EMP.

Event yang digelar di halaman Kantor Bupati Kepulauan Meranti ini dibuka oleh Plt Gubernur Riau, Ir H Arsyadjuliandi Rachman, didampingi oleh Bupati Kepulauan Meranti, Drs H. Irwan, M.Si,. Saat mengunjungi stand EMP, bupati terlihat antusias mendengar penjelasan Dani mengenai meningkatnya geliat ekonomi masyarakat desa sekitar wilayah operasi, setelah mendapat pasokan gas dari EMP untuk kelistrikan masyarakat.