Kunjungi stan Meranti, Mendagri Tito : Saya mau konsumsi beras sagu

id Mendagri Tito Karnavian suka beras sagu Meranti,Sagu meranti, sagu riau

Kunjungi stan Meranti, Mendagri Tito : Saya mau konsumsi beras sagu

Foto bersama Plt Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi UKM Kepulauan Meranti, Syahril usai menunjukkan produk berbahan sagu ke Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian, Rabu (20/10). (ANTARA/HO-DisdagperinKopUKM)

Selatpanjang (ANTARA) - Ternyata kemasyuran produk sagu Kepulauan Meranti telah terdengar sampai ke mana-mana, salah satunya ke Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian.

Hal itu diungkapkannya saat mengunjungi stan produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kabupaten Kepulauan Meranti di Apkasi Expo 2021, Rabu (20/10).

Tito mengatakan bahwa sagu produksi kabupaten paling bungsu di Riau itu, terbaik di Indonesia. Dengan ragam produk turunan yang cukup banyak.

"Sagu Meranti ini sagu terbaik di Indonesia," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Tito juga menyampaikan bahwa sagu merupakan produk pangan nasional yang sehat dibandingkan beras biasa.

"Saya memang lagi mencari beras sagu ini. Saya mau coba konsumsi," kata mantan Kapolri itu.

Mendengar pernyataan dari Mendagri tersebut, Plt Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kabupaten Kepulauan Meranti, Syahril langsung menyerahkan sejumlah produk UMKM Kepulauan Meranti. Diantaranya, beras sagu analog, mi sagu dan kopi luwak liberika Meranti.

"Kita menyambut baik dan merasa bangga atas kunjungan Mendagri ke stan kita. Apalagi beliau sudah mengenal sagu Meranti sebagai terbaik di Indonesia," sebut Syahril.

Dalam ekspo yang dilaksanakan di Jakarta Convention Centre (JCC) itu, stan Kabupaten Kepulauan Meranti menyediakan berbagai produk pangan. Diantaranya, beras sagu, mi sagu, kopi liberika, cookies sagu, kue bangkit sagu, kue semprong sagu dan cendol sagu.

Sedangkan untuk produk sandang, ada tanjak dan kain songket.

Pada pameran tersebut, Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kepulauan Meranti mengikutsertakan salah satu pelaku UMKM atas nama Praptini yang berhasil mengemas mi sagu dalam kemasan siap saji yang telah dilengkapi dengan bumbu.