Perkuat bisnis dan transfer ilmu perbankan syariah, BRK kerja sama dengan BSI

id Brk,Bank riau kepri, BSI

Perkuat bisnis dan transfer ilmu perbankan syariah, BRK kerja sama dengan BSI

Perwakilan BSI dan BRK usai tanda tangan MoU di Jakarta, Jumat (15/10). (ANTARA/HO-brk)

Pekanbaru (ANTARA) - PT Bank Pembangunan Daerah Riau Kepri (BRK) memiliki Unit Usaha Syariah (UUS) terbaik pertama se Indonesia versi Infobank. Namun dalam proses menjadi Bank Umum Syariah seutuhnya, Bank Riau Kepri terus mengembangkan bisnis dan transfer knowledge di bidang perbankan syariah. Salah satunya melakukan Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Bank Syariah Indonesia (BSI).

Direktur Utama Bank Riau Kepri Andi Buchari ikut mendampingi dan menyaksikan Direktur Dana dan Jasa Bank Riau Kepri, MA Suharto saat penandatanganan nota kesepahaman terkait bisnis dan transfer knowledge dengan BSI, Jumat (15/10) di Jakarta.

Lingkup nota kesepahaman bisnis mencakup layanan jasa dan produk perbankan syariah yang meliputi treasury, international, commercial/trade finance, remittance, custodian, joint financing/sindikasi, dana pensiun, bank note, Hasanah Card dan pembukaan rekening nostro/vostro.

Sementara kerjasama dalam bentuk transfer knowledge terkait teknologi informasi, pengetahuan produk perbankan dan operasional yang berhubungan dengan perbankan syariah.

Pada kesempatan itu, Direktur Utama Bank Riau Kepri Andi Buchari mengatakan Bank Daerah Pembangunan Riau Kepri (BRK) semakin mantap untuk menjadi Bank Umum Syariah secara utuh sebagaimana yang dicita-citakan oleh seluruh lapisan masyarakat Provinsi Riau dan Kepri.

"Melalui kerja sama dengan BSI, kami berharap dapat ikut serta secara aktif dalam memperluas pembangunan ekonomi syariah di Indonesia. Kerjasama ini seiring dengan langkah BPD Riau Kepri yang saat ini sedang dalam proses konversi menuju bank syariah," kata Andi Buchari.

Tidak hanya itu, Andi juga berharap akan ada kerja sama di bidang lain dengan BSI untuk terus melayani masyarakat dengan layanan perbankan dan keuangan syariah yang lebih beragam khususnya di Provinsi Riau dan Kepri.

Baca juga: BPKH nilai bagus BRK terkait penghimpunan dana haji

"Terima kasih atas support dari Bank Syariah Indonesia, kami berharap penandatanganan ini membuka kesempatan dan peluang kerja sama di berbagai bidang. Termasuk potensi bisnis perbankan syariah lain, sindikasi dan treasury, dan layanan lainnya," tutur Andi.

Di penghujung sambutannya, Andi memohon doa kepada semua yang hadir dalam acara itu, agar proses BPD Riau Kepri menjadi Bank Umum Syariah cepat tuntas. Sebab dengan konversi kita bisa lebih besar melakukan kerja sama dan sinergi untuk membangun perbankan syariah Tanah Air, ujar Andi menambahkan.

Bank Syariah Indonesia selalu siap bersinergi dan bermitra dengan BPD Syariah dan Unit Usaha Syariah dalam mengembangkan produk dan meningkatkan layanannya. Itu sudah menjadi semangat empowering atau tumbuh bersama bagi BSI.

Baca juga: Masuk Istana Siak bisa pakai QRIS Bank Riau Kepri

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Finance and Strategy Bank Syariah Indonesia Ade Cahyo Nugroho dalam acara penandatanganan kerjasama itu.

Menurutnya, kolaborasi dengan berbagai pihak khususnya BPD, menjadi keharusan agar penetrasi perbankan syariah semakin luas. Mengingat literasi perbankan dan keuangan syariah yang masih kecil dan harus terus ditingkatkan.

Ke depannya, BSI akan terus mengadakan kolaborasi dengan BPD-BPD lain. Dengan tujuan agar BSI bisa memberikan manfaat yang lebih luas ke seluruh daerah di Indonesia.

Baca juga: Permudah layanan perbankan, Kuansing teken MoU dengan Bank Riau Kepri