PWI Kampar silaturrahmi ke Kampung Wisata Kubang Jaya

id Magot, tiga dara, icbs, pwi kampar

PWI Kampar silaturrahmi ke Kampung Wisata Kubang Jaya

Lolasi pondok pesantren ICBS di Kubang Jaya. (ANTARA/Netty M)

Bangkinang Kota (ANTARA) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kampar bersilaturrahmi ke Kampung Wisata Kubang Jaya, Selasa (5/10).

"Silaturrahmi ini tidak lain karena kerinduan wartawan kepada mantan Bupati KamparJefry Noer sekaligus ingin mengetahui apa saja kegiatan yang dilakukannya sehari-hari," kata Ketua PWI Kampar, Akhir Yani.

Dalam kunjungan itu, sejumlah pengurus PWI Kampar melihat berbagai inovasi yang dilakukan mantan bupati ini di perkampungan wisata bernama Tiga Dara yang dulunya tempat latihan program pemerintah daerah Kabupaten Kampar, Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi (RTMPE).

Pengurus PWI Kamapar saat berkunjung ke Kampung Wisata Kubang. (ANTARA/HO-PWI)


Perubahan besar di antaranya menyulap Hotel Tiga Dara menjadi pesantren Islami Cendekia Boarding School (ICBS) dengan jumlah santri 900 orang, namun yang telah mendaftar sebanyak 1.200 anak.

"Mulai tanggal 11/10 besok akan dimulai tahfiz Alquran sebanyak 80-100 orang", kata Jefry Noer didampingi anggota DPRD Riau Eva Yuliana dan Rahmat Jevary Juniardo.

Seluruh nantinya siswa akan belajar dan mondok di sana dengan fasilitas hotel bintang lima. Ada 11 kelas atau ruang belajar yang disediakan untuk tahap awal dan selanjutnya akan bertambah enam lokal lagi.

Di sisi lain, banyak faktor pendukung yang membuat nyaman untuk mengenyam pendidikan, selain alamnya indah banyak sektor usaha lain seperti tanaman alpukat, durian, kelengkeng, anggur dan tanaman lainnnya serta kolam ikan, pakan, magot atau ulat yang dikembangbiakkan dari lalat. Magotmenawarkan keuntungan karena perbandingan harga pakan ikan di pasaran mencapai Rp12 ribu per kilogram sedangkan magot hanya Rp8 ribu dan vitamin di dalamnya juga lebih baik.