Presiden Joko Widodo resmikan Gedung Istora Papua Bangkit

id Berita hari ini, berita riau antara, berita riau terbaru, Papua

Presiden Joko Widodo resmikan Gedung Istora Papua Bangkit

Presiden RI Joko Widodo menyampaikan pidato sambutan peresmian Istora Papua Bangkit di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021). (ANTARA/HO-Humas Kementerian PUPR/ Hari Susyanto)

Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo mengawali kunjungan kerja di Provinsi Papua dengan meresmikan Gedung Istora Papua Bangkit di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu.

Presiden datang bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Ketua DPR RI Puan Maharani, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Menteri Investasi Indonesia Bahlil Lahadalia.

Baca juga: Mantap, Riau dominasi senam artistik beregu dan serba bisa perorangan putra

Rombongan tiba menggunakan mobil dinas sekitar pukul 09.15 WIT di depan pintu masuk Hall Barat Gedung Istora Bangkit. Agenda peresmian berlangsung sekitar 15 menit hingga rombongan melanjutkan perjalanan ke lokasi lain.

"Lokasi Istora Bangkit dipilih Pak Joko Widodo untuk mengawali kunjungan ke Papua. Beliau meresmikan gedung ini secara simbolis dari tujuh gedung olahraga lainnya yang dibangun menggunakan APBN di Papua," kata Ketua Harian PB PON Papua Yunus Wonda.

Baca juga: Latihan berkesinambungan kunci prestasi muaythai Riau

Yunus mengatakan Istora Bangkit dimanfaatkan sebagai arena pertandingan cabang senam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, selain enam gedung lainnya yang juga resmi beroperasi, yakni akuatik, kriket, sepatu roda, dayung dan panahan.

"Seluruh arena dibangun dengan standar internasional. Presiden berpesan kepada kami agar seluruh bangunan ini jangan sampai terbengkalai setelah PON selesai. Pemanfaatan harus optimal," katanya.

Baca juga: Riau tambah satu emas lagi

Menurut Yunus, pemerintah menginginkan agar seluruh fasilitas olahraga yang kini tersedia di Papua dimanfaatkan untuk pengembangan atlet daerah.

"Istora Bangkit ini memiliki pesan yang dalam untuk kami. Diharapkan ada kebangkitan setelah sekian lama tidak terlihat fasilitas olahraga. Sehingga pemerintah membangun arena ini berskala internasional," katanya.

Baca juga: Raharjati Nursyamsa berhasil kalahkan catatan waktu rekor dunia panjat tebing

Sementara itu sejumlah lokasi lain yang juga dikunjungi Presiden Joko Widodo beserta rombongan adalah Papua Creative Youth Hub di Jalan Rajawali BTN Skyland Indah, Distrik Abepura, Kota Jayapura untuk kegiatan Groundbreaking serta Kantor Gubernur Provinsi Papua di Jalan Soa Siu Dok 2 Kota Jayapura untuk rapat kerja bersama pimpinan daerah.

Selain itu, Presiden dijadwalkan membuka secara resmi perhelatan PON XX Papua di Standion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Kelurahan Nolokla, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

Baca juga: Maizir Riyondra raih emas perdana untuk Riau lewat dayung