Dua bersaudara tumpuan medali Riau cabor sepatu roda PON Papua

id Dua bersaudara, pon papua, sepatu roda, siak, olahraga siak

Dua bersaudara tumpuan medali Riau cabor sepatu roda PON Papua

Dua bersaudara Tengku Wahyu Gunawan (kiri) dan Tengku Anggito Wicaksono (kanan) memperkuat Riau untuk cabor sepatu roda di PON Papua. (ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Tiga atlet binaan Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Perserosi) Kabupaten Siak akan menjadi tumpuan tim sepatu roda Riau untukbersaing di Pekan Olahraga Nasional, Papua. Ya, hanya tiga nama yang memperkuat tim Sepatu Roda pada PON Papua dan ketiganya asal Kabupaten Siak.

Mereka adalah Tengku Wahyu Gunawan, Tengku Anggito Wicaksono asal Siak dan Jovi Julianto dari Tualang. Menariknya, Tengku dan akrab dipanggil Wawan dan Anggit adalah bersaudara.

"Benar kami adik beradik saya abang dan Anggit adik saya, kami dipercaya untuk membela tim Riau," katanya di Siak, Sabtu.

Wawan kelahiran Siak 23 Mei 1997 sekolah di Sekolah Dasar Negeri 1 Siak, Sekolah Menengah Pertama 1 Siak, tapi Sekolah Menengah Atasnya di Samarinda Kalimantan Timur yakni SMA 5 Samarinda. Dia di sana juga alam rangka memperkuat tim Kutai Barat untuk Pekan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur.

Setelah itu Wawan kembali lagi ke Provinsi Riau hingga sekarang sudah menamatkan kuliah di Jurusan Hukum di Universitas Islam Riau. Saat ini selain jadi atlet, dia mencoba peruntungan untuk menjadi staf Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Siak.

Sedangkan Anggit, semua pendidikannya dilakukan di Siak mulai dari SD hingga SMA. Anggit saat ini juga mengikuti jejak Abangnya di Jurusan Hukum UIR.

Wawan mulai bermain sepatu roda sejak Kelas III SMP dan Anggit sudah mulai sejak Kelas VI SD. Mereka mulai bermain sepatu roda usai melihat pertandingan PON Riau yang kebetulan untuk venue Sepatu Roda berlokasi di Siak.

Sejak itu, dua bersaudara ini aktif mengikuti Iven Sepatu Roda mewakili daerah maupun atas nama tim PT Bumi Siak Pusako. Perusahaan tersebut merupakan badan usaha milik daerah sektor minyak bumi dan gas.

Sejumlah prestasi telah ditorehkan Tengku Wahyu Gunawan yang pernah menjuarai Juara 1 nomor lomba Sprint 300M Kejurnas Piala Gubernur Sumatera Utara 2017. Juara 1 nomor lomba 5000m Putra Kejurnas Piala Gubernur Sumatera Utara 2017. Juara 2 nomor lomba Sprint 500M Kejurnas Piala Walikota Pariaman Sumatera Barat juara 2 nomor lomba 10000m Putra Kejurnas Piala Bupati Siak Tahun 2019.

Sedangkan Tengku Anggito Wicaksono juara 1 Sprint 1000m Kejurnas Piala Bupati Siak Tahun 2019, Juara 3 Sprint Individual Time Trial 300m Putra PRA PON PAPUA, di Bekasi Jawa Barat Tahun 2019.

Untuk PON Papua nanti para atlet hanya bisa mengambil dua nomor perorangan antara 100-1.000 meter sprint. Wawan akan mengambil nomor 300 dan 500 meter, sedangkan Anggito untuk 100 dan 300 meter.

"Jadi pada nomor 300 meter kami kakak adik akan bertanding," ujarnya.

Namun mereka akan bersama pada nomor beregu putra delay 5.000 m, ditambah satu lagi atlet yang juga asal Siak. Ditanyakan soal target dikatakan mereka tentunya itu adalah emas, meski hasilnya lapangan yang menentukan.

"Target tetap terbaik tetap emas tapi kita tak tahu di lapangan, hasil di lapangan menentukan, yang jelas kita coba dulu. Lawan berat tentunya tuan rumah Papua, selain dari Jakarta, Jawa Timur dan Jawa Tengah," ungkap Wawan.

Target tersebut dinilai cukup realistis karena dari Sumatera yang berpartisipasi hanya Riau, Sumatera Utara, Jambi dan Sumatera Selatan. Itu berdasarkan hasil Pra-PON penjaringan dimana saat itu Riau menurunkan delapan atlet namun yang lolos hanya tiga.

Saat ini semua atlet yang akan bertanding, sedang melakukan pemusatan latihan di Labersa Pekanbaru. Namun karena venue Sepatu roda hanya ada di Siak, mereka TC juga di Siak.

Menurutnya rencana mereka akan bertolak ke Papua pada tanggal 23 September mendatang. Esoknya Minggu akan dilepas oleh Gubernur Riau, Syamsuar.

"Kami bangga dan senang bisa mewakili Siak, bertanding di level nasional. Saat ini kami fokus melakukan persiapan latihan," ungkapnya.

Ia minta doa dan dukungan dari masyarakat Siak, agar diberikan kesehatan dan bisa meraih juara satu di PON Papua. Ia mengapresiasi Ketua Porserosi Siak, Arfan Usman dan pengurus KONI Siak yang telah mempercayainya mewakili Riau.

Satu lagi atlet sepatu roda yang membela Riau juga asal Siak yakni Jovi Juliardo asal Tualang. Ia pernah menjuarai di sejumlah iven, juara 1 nomor lomba 10000m Kejurnas Jawa Barat Open 2015, Juara 2 nomor lomba sprint 300m Kejurnas Piala Walikota Solo Tahun 2016, Juara 2 nomor lomba 200m Sprint kejurnas piala walikota pariaman, sumatera barat Tahun 2019 dan Juara 2 nomor lomba 10000m Kejurnas Siak 2019.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021