Sineas wanita berhasil dominasi kemenangan di Festival Film Venesia 2021

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, sineas wanita

Sineas wanita berhasil dominasi kemenangan di Festival Film Venesia 2021

Sutradara Audrey Diwan menerima penghargaan Golden Lion untuk Film Terbaik di Festival Film Venesia ke-78 di Venesia, Italia, pada 11 September 2021. (ANTARA/REUTERS/YARA NARDI)

Jakarta (ANTARA) - Festival Film Venesia tahun ini disebut banyak orang sebagai salah satu festival dengan kemenangan dari banyak pembuat film wanita.

Salah satunya adalah "Happening" ("L'événement"), film drama Prancis tentang aborsi ilegal yang berlatar di tahun 1960-an, memenangkan penghargaan Golden Lion untuk film terbaik di festival Venesia akhir pekan ini.

Baca juga: Serial WeTV Original "Sianida" masuki episode keempat

Mengutip Reuters, Senin, film garapan sutradara Audrey Diwan, memukau penonton di Lido dengan penggambaran seorang wanita muda yang putus asa untuk melakukan aborsi, yang pada saat itu bisa berarti hukuman penjara atau kematian. Pilihan itu menjadi opsinya untuk melanjutkan studinya.

"Film ini berlatar di Prancis pada tahun 1963 tetapi tema sentralnya sama relevannya hari ini seperti dulu," kata Diwan yang tampak tersentuh kepada penonton, tepat saat perdebatan tentang aborsi kembali berkecamuk di Amerika Serikat menyusul pembatasan baru di Texas.

"Saya membuat film ini dengan kemarahan, dengan keinginan, dengan perut saya, nyali saya, hati saya dan kepala saya," katanya.

Baca juga: Film animasi "Frozen" diboyong ke panggung London West End

Film Diwan adalah pemenang yang tepat untuk sebuah festival dengan banyak cerita wanita kuat, di tahun di mana gerakan #MeToo muncul untuk membuat tanda di industri perfilman.

Diadaptasi dari novel otobiografi Annie Ernaux, pembingkaian gambar yang ketat membenamkan penonton dalam trauma pribadi yang dialami oleh Anne, protagonisnya.

"Di lokasi syuting, saya selalu berpikir: Jangan lihat Anne, ayo jadi Anne," kata Diwan.

Baca juga: Film biografi Whitney Houston akan rilis pada 23 Desember 2022

Dia adalah sutradara wanita keenam yang memenangkan penghargaan film terbaik Venesia. "Happening" juga merupakan film Prancis kedua yang menang di festival besar sejak "Titane" karya Julia Ducournau meraih Palme D'Or di Cannes pada Juli.

Di antara penghargaan lainnya, hadiah Grand Jury runner-up diberikan kepada sutradara Italia Paolo Sorrentino untuk "The Hand of God", filmnya yang sangat pribadi tentang kehilangan orang tuanya saat remaja.

Penelope Cruz dari Spanyol memenangkan penghargaan aktris terbaik untuk perannya sebagai ibu tunggal dalam "Parallel Mothers" karya Pedro Almodovar. Penghargaan Aktor Terbaik diberikan kepada John Arcilla dari Filipina untuk "On The Job: The Missing 8".

Baca juga: Film "Shang-Chi" berhasil raih 90 juta dolar dalam empat hari

Di sisi lain, para kritikus menyebut rangkaian film tahun ini merupakan salah satu yang terbaik dalam beberapa tahun karena banyak film telah ditunda karena pandemi virus corona.

"Sungguh menakjubkan bahwa kita berhasil mewujudkannya," kata Jane Campion dari Selandia Baru, yang memenangkan hadiah Silver Lion untuk sutradara terbaik dengan saga perbatasan 1920 "The Power of The Dog".

Baca juga: Natasya Wilona mengaku sulit dalam memerankan remaja hamil di luar nikah

"Sangat istimewa bagi kami para pembuat film untuk berada di sini hidup bersama penonton dan mengalami apa yang kami impikan," imbuhnya.

Sementara itu, berbagai bintang film kenamaan pun muncul di karpet merah Venesia.

Ben Affleck dan Jennifer Lopez, Matt Damon, Timothee Chalamet, dan Kristen Stewart termasuk di antara daftar artis Hollywood yang melakukan perjalanan untuk festival film tertua di dunia itu.