Riau gelar bulan gratis suntik vaksin rabies untuk hewan

id Rabies,Vaksin rabies, hewan rabies

Riau gelar bulan gratis suntik vaksin rabies untuk hewan

Anjing salah satu hewan peliharaan yang rawan jadi penularan rabies. (ANTARA/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Provinsi Riau mulai menggelar bulan gratis suntik vaksin antirabiesuntuk hewan di wilayah setempat.

"Vaksin rabies hewan peliharaan ini akan akan berlangsung lebih kurang satu bulan, mulai tanggal 1-28 September," kata Kepala Dinas PKH Provinsi Riau, Rahmat Setiyawan di Pekanbaru, Senin.

Rahmat menyebutkan lokasi penyuntikan hewan penular rabies akan dilakukan di Unit Pelaksana Teknis Laboratorium Veteriner dan Klinik Hewan, Kulim, Pekanbaru.

"Bagi warga yang memiliki hewan peliharaan yakni kucing, anjing dan kera itu dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia yang berlangsung pada 28 September mendatang, silahkan memvaksinkannya," kata dia.

Dalam pelaksanaan vaksin rabies tersebut, kata Rahmat, pihaknya bekerjasama dengan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Provinsi Riau.

"Jadi kita siapkan bantuan vaksin ke PDHI, dan mereka yang melakukan vaksin rabies hewan peliharaan masyarakat secara gratis tanpa pungutan biaya," katanya.

Ia juga mengimbau masyarakat agar waspada terhadap penularan rabies lewat gigitan hewan peliharaan, dikarenakan bisa mengakibatkan kematian makanya harus divaksin setiap tahunnya.

"Mari manfaatkan waktu sebulan ini hewan peliharaan anda agar Riau bebasrabies," tukasnya.

Pinok (46) salah satu pemilik hewan peliharaan anjing di Pekanbaru mengakui, rutin menyuntikkan hewan di rumahnya. Iamenyadari untuk tetap aman tidak tertular rabies anjing harus divaksin.

"Kami mendapatkan vaksin Darin dinas secara gratis setiap tahunnya, vaksin perlu agar keluarga aman dalam memelihara hewan penjaga rumah ini," kata Pinok.

Baca juga: Perangi wabah rabies saat stok vaksin terbatas