Peparnas: Tumbangkan Jateng, Futsal Papua Raih Emas

id peparnas tumbangkan, jateng futsal, papua raih emas

Peparnas: Tumbangkan Jateng, Futsal Papua Raih Emas

Pekanbaru, (antarariau) - Tim Papua meraih medali emas setelah menumbangkan tim Jawa Tengah dengan skor akhir 6-3 (3-0) pada pertandingan futsal Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XIV/2012 di Sport Center Rumbai, Pekanbaru, Riau, Kamis.

"Saya sengaja menerapkan strategi tertentu untuk menghadapi pemain Jateng karena mereka lebih hebat pada babak awal," kata pelatih Papua, Julian Patay usai pertandingan, Kamis.

Dia mengatakan bahwa pemain diupayakan untuk bertahan babak awal karena lawan menyerang terus menerus tanpa henti.

Namun babak kedua mengubah strategi, ketika penyerang Jateng sudah mulai kehabisan tenaga, maka berupaya membalas serangan dan akhirnya berhasil.

Tim Papua yang terdiri dari Lukas Yowey, Julian E. Napiwa, Yeri Hamadi, H. Marshel dan Albert Kafiar diperkuat cadangan Metu S. Muabuay, Feliks, Timon Auparay dan Devis Wabizer.

Sedangkan tim Jateng diperkuat M. Thoib, Nurmala, Supadiyanto, Sudarno, Indriyanto dan dua cadangan masing-masing Agus dan Budi Setyo.

Pada babak awal, penyerang Jateng Numala dan M. Thoib berupaya untuk mencetak gol tapi tidak berhasil karena kokohnya lini pertahanan Papua.

Walau begitu, memasuki babak kedua pemain Jateng berusaha kembali menyerang namun selalu dipatahkan.

Hingga babak kedua berakhir tim Papua mampu meraih emas dan atas kekalahan itu Jateng pasrah menerima medali perak.

Medali perunggu untuk cabang futsal diraih tim Kalimantan Selatan setelah menumbangkan tim Kalimantan Timur dengan skor 6-1 (3-1) babak semifinal.

Julian mengatakan, persiapan untuk menghadapi lawan di Peparnas Riau hanya butuh waktu enam minggu dan rutin berlatih setiap hari.

Dia mengatakan, kemenangan ini merupakan kado berharga buat pemain karena untuk masa mendatang akan lebih giat berlatih dengan persiapan matang.

Peparnas XIV memperebutkan sebanyak 1.334 medali terdiri atas 424 emas, 424 perak, dan 486 medali perunggu, dimulai 7-13 Oktober 2012.

Bahkan Peparnas Riau mempertandingkan sebanyak 11 cabang olahraga yakni angkat berat, boling, panahan, atletik, bulutangkis, catur, futsal, tenis lapangan, kursi roda, renang, tenis meja, dan bola voli duduk.

Namun, dua daerah yakni Lampung dan Papua Barat tidak mengikuti pertandingan pada Papernas 2012.