Xi Jinping-Putin sepakat perkuat komunikasi dan koordinasi bantu Afghanistan

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,Afghanistan

Xi Jinping-Putin sepakat perkuat komunikasi dan koordinasi bantu Afghanistan

Arsip - Presiden Rusia Vladimir Putin bersalaman dengan Presiden China Xi Jinping saat bertemu disela KTT BRICS ke-11 di Brasilia, Brasil, Rabu (13/11/2019). (ANTARA FOTO/Sputnik/Ramil Sitdikov/Kremlin via REUTERS/pras.)

Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin bersepakat untuk memperkuat komunikasi dan koordinasi dalam membantu Afghanistan mengatasi situasi sulit saat ini.

Kesepakatan tersebut dicapai saat Xi melakukan pembicaraan via telepon dengan Putin pada Rabu (24/8).

Baca juga: Joe Biden: AS terus bantu evakuasi warga dari Afghanistan meski "menyakitkan"

Dalam percakapan tersebut, Xi mengatakan bahwa China mendorong semua faksi di Afghanistan membangun kerangka kerja politik inklusif dengan melibatkan beberapa pihak yang lebih luas.

Menurut dia, Afghanistan harus bisa mengambil kebijakan dalam dan luar negeri yang moderat dan memutus hubungan dengan semua kelompok teroris agar bisa bergaul dengan dunia internasional, terutama negara tetangga.

Baca juga: Hidayat Nur Wahid nyatakan menlu harus konstruktif soal Indonesia, Afghanistan, dan Taliban

Xi menghormati kedaulatan, kemerdekaan, dan integritas wilayah Afghanistan. China juga ingin berperan konstruktif dalam mendukung penyelesaian konflik politik di Afghanistan.

Sementara itu, Putin berpendapat bahwa situasi di Afghanistan saat ini sebagai bentuk kegagalan kekuatan eksternal yang memaksakan sistem politik di suatu negara sehingga berujung pada kehancuran dan malapetaka pada negara tersebut.

Baca juga: Menlu China telepon Menlu Inggris dan Italia bahas situasi yang terjadi Afghanistan

Memperhatikan kepentingan China dan Rusia terkait isu Afghanistan, Putin mengatakan bahwa negaranya memperkuat jalinan komunikasi dan koordinasi dengan China agar bisa berpartisipasi aktif dalam kemitraan multilateral terkait Afghanistan sekaligus memerangi terorisme dan peredaran narkoba.

Rusia juga akan bekerja sama dengan China untuk mencegah dampak dari risiko keamanan di Afghanistan.

Rusia dan China siap menghadapi gangguan kekuatan eksternal demi terpeliharanya stabilitas dan keamanan di kawasan, demikian Putin seperti dikutip media China.

Baca juga: Demi suarakan nasib perempuan Afghanistan, Angelina Jolie akhirnya gabung IG