PHRI Dumai Klaim Sukses Akomodir PON

id phri dumai, klaim sukses, akomodir pon

Dumai, (antarariau) - Sistem akomodasi dan konsumsi bagi atlet, ofisial dan tamu pada PON XVIII/2012 berjalan dengan baik dan sukses, kata Sekretaris Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia Kota Dumai, Darwin Siahaan.

Namun, katanya di Dumai, Rabu, Sub PB PON Dumai belum membayar akomodasi dan konsumsi panitia pendukung cabang selam dan tenis meja kepada seluruh hotel yang terlibat penyediaan kamar penginapan PON.

Sementara, untuk pembayaran dua fungsi akomodasi dan konsumsi para atlet dan ofisialserta panitia pendukung cabang gantole yang ditanggung PB PON Riau telah dibayarkan 90 persen.

Kendati begitu, menurut Darwin Siahaan, kegiatan mendukung suksesnya helat PON di Kota berjuluk "mutiara pantai timur sumatera" ini di bidang konsumsi dan akomodasi telah terlaksana dengan baik dan lancar.

Disebutkannya, PHRI Dumai digandeng panitia PON Riau di bidang penyediaan penginapan kepada sekitar 600 tamu yang terlibat ditambah penyediaan konsumsi.

Ia mengakui ada beberapa kendala yang diakibatkan kurang sinkronnya komunikasi dua belah pihak, juga karena pendataan jumlah orang yang kurang valid dari panitia.

"Kesempatan menjadi tuan rumah PON ini merupakan pengalaman yang sangat berharga karena kami mesti melayani tamu dari berbagai provinsi, dan ini membuktikan kami siap menghadapi event yang lebih besar," ungkapnya.

Ratusan orang yang berkunjung ke kota Dumai, lanjut Darwin sangat disayangkan tidak disertai dengan objek wisata unggulan yang bisa dibanggakan untuk ajang promosi wisata daerah.

Karena itu sektor perekonomian yang bergerak selama pelaksanaan PON di Dumai hanya bisnis perhotelan, restoran dan katering makanan rumah tangga.

"Kalau saja pemerintah bisa menyikapi momen PON ini dengan penyediaan sarana objek wisata tentu saja di sektor ini bisa memunculkan perputaran uang dan promosi daerah bagi tamu luar yang datang," demikian Darwin.