Perenang Pekanbaru ini terhenti di babak penyisihan Olimpiade Tokyo

id Olimpiade Tokyo,tim renang Indonesia,AflahFadlan Prawira,Azzahra Permatahani

Perenang Pekanbaru ini terhenti di babak penyisihan Olimpiade Tokyo

Perenang Azzahra Permatahani. (Antara/Aditya E.S. Wicaksono)

Jakarta (ANTARA) - Dua perenang andalan Indonesia, Aflah Fadlan Prawira dan Azzahra Permatahani yang berasal dari Pekanbaru, gagal melaju ke final setelah kandas pada babak penyisihan cabang olahraga renang Olimpiade Tokyo, Sabtu.

Bertanding dalam heat 1 nomor 400 meter gata ganti putri, Azzahra bersaing dengan Virginia Bardach Martin dari Argentina dan Katja Fain dari Slovenia.

Azzahra mencatatkan waktu 4 menit 54,54 detik, terpaut 9,88 detik dari Fain yang berada di posisi pertama dengan catatan waktu 4 menit 44,66 detik.

Pada 50 meter pertama, Azzahra, yang mengawali lomba di lintasan 3, berada di posisi kedua dengan catatan waktu 29,90 detik. Atlet berusia 19 tahun itu kemudian terus berada di urutan tersebut hingga finis, dan berada di peringkat ke-16 secara keseluruhan.

Bertanding di Tokyo Aquatics Center, Fadlan finis di urutan keempat di lomba heat 2 nomor 400 m gaya bebas putra. Sementara, Azzahra berada di posisi kedua di lomba heat 1 nomor 400 m gaya ganti perorangan putri, demikian catatan resmi Olimpiade.

Fadlan mencatatkan waktu 3 menit 55,08 detik, terpaut 7,94 detik dari Alfonso Mestre dari Venezuela yang berada di posisi pertama dengan catatan waktu 3 menit 47,14 detik.

Fadlan, yang memulai lomba di lintasan 6, berada di posisi keenam pada 50 meter pertama dengan catatan waktu 26,70 detik. Atlet berusia 23 tahun itu sempat tertinggal di posisi ketujuh pada 100 meter.

Namun, Fadlan berhasil menyusul ketinggalan hingga mencapai posisi kelima pada 250 meter. Dia kemudian menempati urutan keempat pada 50 meter berikutnya, dan terus berada di posisi tersebut hingga finis, dengan hasil akhir peringkat ke-29 secara keseluruhan.

Berdasarkan catatan waktu di Olimpiade Tokyo tersebut, Fadlan dan Azzahra belum mampu memenuhi target untuk memecahkan rekor nasional (Rekornas) atas nama mereka masing-masing.

Rekornas 400 m gaya bebas putra dipegang Fadlan dengan catatan waktu 3 menit 52,18 detik. Sedangkan Rekornas 400 m gaya ganti perorangan putri dimiliki Azzahra dengan catatan waktu 4 menit 48,51 detik.

Meski begitu, Fadlan masih memiliki kesempatan untuk bertanding di Olimpiade Tokyo. Dia akan kembali tampil di nomor 1.500 m gaya bebas putra di tempat yang sama pada Jumat, 30 Juli 2021, pukul 19.42 waktu Tokyo atau 17.42 WIB.

Baca juga: Azzahra, perenang Pekanbaru bertolak ke Olimpiade Tokyo

Baca juga: Berenang 18 Jam Seminggu, Cara Azzahra Raih Prestasi Internasional


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar