Bakamla RI bersama Dubes Jepang bahas kerja sama keamanan dan keselamatan laut

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Bakamla

Bakamla RI bersama Dubes Jepang bahas kerja sama keamanan dan keselamatan laut

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia dalam pertemuan daring bersama Dubes Jepang untuk Indonesia Kenji Kanasugi. (ANTARA/HO-Bakamla RI)

Batam (ANTARA) - Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI bersama Pemerintah Jepang melalui Duta Besar Jepang untuk Indonesia membahas kerja sama keamanan dan keselamatan laut, dengan meningkatkan pertukaran informasi dalam pertemuan yang dilaksanakan secara daring, Senin (12/7).

"Terkait pertukaran informasi dapat dioptimalkan melalui Indonesia Maritime Information Center (IMIC)," kata Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia dalam keterangan pers yang diterima, di Batam, Selasa.

Baca juga: Bakamla tangkap kapal Vietnam di perbatasan Indonesia-Malaysia

Bakamla RI juga berharap kerja sama yang sudah terjalin selama ini tidak merenggang pada kondisi pandemi COVID-19.

"Kami semua masih berjuang dalam kondisi pandemi, sehingga kami harap pertemuan, koordinasi, dan konsolidasi pembahasan suatu masalah dapat dilakukan secara daring," kata Laksdya TNI Aan Kurnia.

Dalam pertemuan turut dibahas pembangunan Pusat Pendidikan dan Latihan Maritim Bakamla RI di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Dubes Jepang untuk Indonesia Kenji Kanasugi menyatakan senang dengan hubungan baik antara Bakamla RI dengan Pemerintah Jepang. Diharapkan kerja sama dapat terus ditingkatkan dan diimplementasikan dengan baik.

Bakamla RI dan Japan Coast Guard (JCG) telah menandatangani Memorandum of Cooperation (MoC) yang memuat empat bidang kerja sama, yaitu peningkatan kapasitas personel di bidang keamanan dan keselamatan maritim, penyelenggaraan pertemuan tahunan, pertukaran informasi dan komunikasi, dan kegiatan lainnya yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Bakamla RI dan JCG menjalin hubungan yang harmonis dengan menerapkan MoC yang telah ditandatangani, di antaranya dengan pengiriman personel Bakamla RI menempuh pendidikan jenjang S-2 di bidang Maritime Security and Safety Policy pada 2019.

Pelatihan hybrid (melalui daring dan luring) di bidang Maritime Law Enformcement (MLE) juga digelar di tahun yang sama, dan akan dilakukan lagi di tahun 2021.

Kapal patroli JCG dengan nama lambung Tsugaru pernah datang ke Indonesia, di Pelabuhan JICT Tanjungpriok pada 2018.

Berkat kunjungan tersebut, kedua pihak melakukan pertukaran pikiran dalam lingkup tugas dan tanggung jawab coast guard.

Baca juga: Bakamla RI hentikan kegiatan kapal Vietnam di periran Natuna

Baca juga: Bakamla RI tangkap kapal diduga transfer BBM ilegal di Batam


Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar