Ma'ruf Amin imbau pemerintah daerah perluas kerja sama untuk penanganan COVID-19

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,Wapres

Ma'ruf Amin imbau pemerintah daerah perluas kerja sama untuk penanganan COVID-19

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan sambutan pada acara vaksinasi massal untuk masyarakat Kota Tangerang Selatan secara daring dari kediaman resmi wapres di Jakarta, Rabu (30/6/2021). (ANTARA/Asdep KIP Setwapres.)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengimbau pemerintah daerah, organisasi kemasyarakatan, dan seluruh elemen masyarakat untuk memperluas kerja sama dalam penanganan pandemi COVID-19.

Wapres menyampaikan hal itu dalam acara vaksinasi massal untuk masyarakat Kota Tangerang Selatan yang merupakan kerja sama antara Pemkot Tangsel dengan Yayasan Dewa Dewi Indonesia dan Traveloka, Rabu.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin dorong percepatan kodifikasi produk halal

"Ini bisa dicontoh dan mendorong lembaga lain untuk bersama-sama mengambil bagian atau peran untuk memberikan kontribusi dalam penanganan pandemi COVID-19," kata Wapres yang membuka acara secara daring dari kediaman resmi Wapres di Jakarta, Rabu.

Wapres berharap kerja sama antara Pemkot Tangsel dengan ormas dan lembaga terkait tersebut dapat dilakukan di daerah lain, khususnya daerah yang cakupan vaksinasi COVID-19 masih rendah.

Dengan percepatan vaksinasi di berbagai daerah, lanjut Wapres, maka kekebalan komunitas atau herd immunity secara nasional di Indonesia dapat terwujud dengan sedikitnya 181,5 juta penduduk disuntik vaksin COVID-19.

"Dengan demikian kecepatan kita mengejar vaksinasi (sebanyak) satu juta hingga dua juta per hari dapat tercapai sehingga kekebalan komunal Indonesia dapat segera terwujud," tukasnya.

Kepada masyarakat yang telah mendapatkan vaksin COVID-19, Wapres berpesan agar warga tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat dan mengajak kerabat lain untuk segera melaksanakan vaksin.

"Saya mengimbau masyarakat Kota Tangsel yang sudah divaksin untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dan mengajak masyarakat yang belum divaksin mengikuti program vaksinasi," katanya.

Vaksinasi COVID-19 mampu mengurangi tingkat keparahan orang jika terkonfirmasi positif COVID-19 sehingga protokol kesehatan serta upaya pengetesan, pelacakan, dan perawatan (testing, tracing, treatment) harus tetap digalakkan oleh pemda.

"Tentunya pelaksanaan vaksinasi harus ditunjang dengan kemampuan pemerintah dan pemda untuk meningkatkan upaya 3T (testing, tracing, treatment) dan masyarakat berdisiplin menegakkan protokol kesehatan 5M," ujar Wapres.

Baca juga: Ma'ruf Amin sebut keluarga berperan penting dalam penerapan protokol kesehatan

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin sebut vaksinasi anak 12-17 tahun tepat karena mortalitas tinggi