Emrizal Pakis: Dana PON Riau Segera Cair

id emrizal pakis, dana pon, riau segera cair

Emrizal Pakis: Dana PON Riau Segera Cair

Pekanbaru, (antarariau) - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Riau, Emrizal Pakis, mengatakan bahwa pemerintah Pusat segera mencairkan dana sebesar Rp100 miliar untuk membantu penyelenggaraan PON XVIII di Provinsi Riau.

"Kami segera mengurus administrasinya ke Jakarta," kata Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau, Emrizal Pakis, Jumat.

Pendanaan PON Riau sempat terkendala setelah KPK membongkar skandal suap dalam revisi Perda penambahan anggaran proyek PON Riau.

Dalam kasus itu, 10 anggota DPRD Riau telah ditetapkan sebagai tersangka dan tiga lainnya dari Dispora Riau dan pihak kontraktor proyek.

Ia merincikan, dana sebesar Rp100 miliar itu akan digunakan untuk penyelenggaraan, seperti akomodasi, transportasi dan konsumsi atlet serta ofisial.

Meski begitu, ia mengakui bahwa kucuran dana dari pemerintah pusat lebih rendah dibandingkan dengan usulan yang pernah diajukan Pemprov Riau sebesar Rp290 miliar.

"Yang itu (Rp290 miliar) jangan diingat-ingat lagi," kata Emrizal.

Ia menambahkan, Pemprov Riau kini terus berupaya menyelesaikan sejumlah arena olahraga PON agar siap untuk digunakan.

"Seperti lapangan softball yang sedang dipasang rumput dan penyelesaian lapangan tembak untuk pertandingan," kata Emrizal.

Menurut dia, KONI juga tidak keberatan dengan kondisi sejumlah arena olahraga yang digunakan nantinya bakal seadanya tapi tetap bisa digunakan untuk pertandingan.

"KONI tidak ada masalah, meski tempatnya minimalis," ujarnya.

Sebelumnya, Gubenur Riau HM Rusli Zainal usai rapat kesiapan PON XVIII di Pekanbaru, Kamis (23) mengatakan kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah atau dinas-dinas untuk mendukung penuh pelaksanaan PON XVIII, meskipun tidak terlibat langsung dalam kepanitiaan PB PON Riau.

"Kepada seluruh SKPD perlu mendukung penuh pelaksanaan PON, meskipun tidak terlibat langsung dalam kepanitiaan namun sesuai dengan bidang dan fungsinya masing-masing," katanya.