Dishub: Dumai Butuh Ribuan Armada Untuk Mudik

id dishub dumai, butuh ribuan, armada untuk mudik

Dumai, (antarariau) - Dinas Perhubungan Kota Dumai, Provinsi Riau, memprediksi jumlah kebutuhan armada angkutan lebaran penumpang darat, laut dan udara sebanyak 1.561 armada untuk menghadapi arus mudik Lebaran 2012.

Kepala Dinas Perhubungan Dumai, Marwan, kepada ANTARA, Rabu, mengatakan, prediksi kebutuhan ini terkait dengan kesiapan armada kendaraan, kapal dan pesawat dalam mendukung kelancaran kepentingan perjalanan para pemudik.

Ia menjelaskan, khusus di moda angkutan darat, Dishub bersama Organda setempat akan menyiapkan sebanyak 1.162 satuan armada angkutan jalan berbagai jenis.

Sedangkan, prediksi jumlah armada transportasi laut di terminal pelabuhan laut yang dibutuhkan dalam mengantisipasi lonjakan penumpang ialah sebanyak 368 unit kapal.

Sementara dari jalur angkutan penerbangan udara, diperkirakan membutuhkan pesawat komersil sebanyak 30 unit di bandara Pinang Kampai Kota Dumai.

"Ini baru prediksi jumlah kebutuhan armada yang kemungkinan dibutuhkan selama kegiatan mudik lebaran nanti," kata Marwan, Rabu.

Ia mengatakan, terjadinya lonjakan pemudik di tahun ini diperkirakan pada H-3 Idul Fitri dan H+4 untuk angkutan jalan. Sedangkan pada Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan diprediksi terjadi pada H-2 hingga H+4.

Selanjutnya, untuk angkutan udara dan laut diperkirakan mulai terjadi lonjakan penumpang pada H-2 hingga H+7 lebaran.

Kesiapan Pemerintah Kota Dumai menyambut arus mudik lebaran ini telah dilakukan dengan membentuk Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2012. Yaitu, pada simpul transportasi jalan di Terminal AKAP Kelakap Tujuh dan moda Penyeberangan di Pelabuhan Ro-Ro.

Kemudian posko moda transportasi laut di pelabuhan penumpang Pelindo dan transportasi udara pada Bandara Pinang Kampai.

Ia menghimbau masyarakat yang akan melakukan perjalan mudik agar membeli tiket di loket yang tersedia dan menghindari calo, serta cermat dalam memilih kendaraan angkutan umum yang resmi dan menjamin keselamatan.

"Posko yang akan dibentuk nanti juga dapat dimanfaatkan pemudik untuk mendapatkan berbagai pelayanan dan informasi serta sebagai tempat beristirahat maupun memeriksa kondisi kendaraan," terangnya.