KPU Meranti ingatkan PPK terpilih harus bertanggungjawab dan berintegritas

id Pelantikan PPK Meranti,KPU Meranti ,Pilkada 2024

KPU Meranti ingatkan PPK terpilih harus bertanggungjawab dan berintegritas

Salah seorang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) menandatangani berita acara pelantikan yang disaksikan langsung oleh Ketua KPU Kepulauan Meranti, Katmuji, Kamis (16/5/2024). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti secara resmi melantik 45 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua KPU Kepulauan Meranti, Katmuji diSelatpanjang, Kamis. Mereka dilantik menjadi perpanjangan tangan KPU di 9 kecamatan se-Kepulauan Meranti.

Ketua KPU Kepulauan Meranti, Katmuji didampingi Komisioner Divisi Parmas dan SDM, Hanafi mengatakan hampir 60 persen wajah lama kembali terpilih menjadi anggota PPK. Mereka sebelumnya dinilai baik dalam bertugas, sehingga tetap dipertahankan.

"Mereka (PPK lama) hampir mendaftar semua. Berdasarkan hasil evaluasi kita saat tes wawancara kemarin, kinerja anggota PPK lama yang terpilih dinilai sangat baik. Ini tentunya karena memiliki pengalaman dalam bekerja," ujar Hanafi.

Hanafi menekankan kepada anggota PPK terpilih agar bekerja sesuai tanggung jawab yang diberikan dan berintegritas. Terlebih lagi, dengan regenerasi anggota PPK yang baru juga diharapkan bisa belajar dengan yang lama, supaya bisa menjalankan tugas dengan baik.

"Regenerasi itu penting, makanya ada wajah baru. Tapi kalau seandainya orang baru semua, nanti dinilai ada ketidakpercayaan publik kepada lembaga pemilu, sehingga pada akhirnya orang tidak mau mendaftar," kata Hanafi.

"Namun yang jelas, salah satu indikator penting untuk menilai mereka layak dalam seleksi ulang ini adalah kinerja. Kalau kinerjanya kurang bagus bakal kita ganti," tambah Hanafi lagi.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melalui Plt Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab, M Mahdi mengingatkan PPK yang akan bertugas dalam Pilkada 2024 di Kepulauan Meranti untuk menjaga netralitas.

"Atas nama pemerintah kabupaten, kami mengucapkan selamat. Mari jaga netralitas dan saling bekerja sama," kata Mahdi

Menurutnya, PPK memiliki peran yang sangat penting dalam kelancaran pelaksanaan Pilkada mendatang. Untuk itu, anggota PPK diminta bekerja dengan baik dan selalu berpedoman kepada aturan yang berlaku.

"Bekerja dengan jujur, adil dan amanah. Ingat sumpah dan janji yang diucapkan karena akan menjadi pertanggungjawaban pada Yang Maha Kuasa," ucapnya saat menghadiri pelantikan PPK.

Dapat disampaikan juga, hadir dalam kegiatan itu Komisioner Divisi Hukum KPU Provinsi Riau Suprianto, Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti Syamsurizal, unsur Forkopimda, Komisioner KPU dan tamu undangan lainnya.