Bupati Bengkalis : Kita siap kelola Blok Rokan

id pemkab bengkalis,Blok rokan, bengkalis

Bupati Bengkalis : Kita siap kelola Blok Rokan

Bupati Bengkalis Kasmarni mengikuti rapat bersama Gubernur Riau dalam membahas blok Rokan.(Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Bupati Bengkalis Kasmarni menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis siap untuk dilibatkan dalam pengelolaan Blok Rokan, guna meningkatkan pendapatan daerah dan penyerapan tenaga kerja lokal.

"Insya Allah, jika kita diberikan kesempatan pasti sanggup untuk mengelolanyakarena ini untuk memberikan sumbangsih pendapatan daerah, apalagi setiap daerah pastinya memiliki BUMD jadi tidak ada salahnya bagi Pemerintah Provinsi dan Perusahaan untuk memberikan kesempatan dan melibatkan daerah dalam pengelolaannya," ucap Bupati Kasmarni saat mengikuti Rapat Koordinasi dalam rangka persiapan alih kelola blok Rokan dari Perusahaan PT. Chevron ke PT Pertamina Hulu Rokan, di Balai Serindit Kompleks Gubernuran, Selasa (25/5).

Dikatakan Kasmarni di hadapan Gubernur Riau, bahwa peralihan ini bukan baru pertama sekali, peralihan yang dilaksanakan sudah sering dihadapi oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

"Dulu kita pernah peralihan dari Caltex ke Chevron, nah sekarang dari Chevron ke Pertamina jadi ini sudah biasa bagi kita dan kita akan segera mengakomodir dan tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini," ujar Kasmarni.

Selain itu, orang nomor satu di Negeri Junjungan itu juga, berharap kepada pihak perusahaan untuk meningkatkan kepedulian kepada masyarakat.

"Tidak hanya ke masyarakat, tapi terhadap lingkungan juga. Kalau bisa CSR perusahaan kepada daerah juga harus ditingkatkan demi mensejahterakan masyarakat pada setiap daerah," tuturnya.

Peralihan tersebut akan dilakukan pada tanggal 8 hingga 9 Agustus mendatang yang akan melibatkan setiap kabupaten/kota di Provinsi Riau dalam pengelolaannya.

Setelah peralihan tersebut, setiap pekerjaan yang telah dilaksanakan oleh PT. Chevron akan dikelola oleh PT. Pertamina Hulu Rokan, ibaratnya hanya seperti bertukar baju.

Segala pekerjaan yang telah dikerjakan, nantinya hanya akan disambung kontraknya oleh Pihak PT. Pertamina Hulu Rokan, artinya belum ada peralihan seratus persen baik dari program, pekerjaan, dan kemitraannya.

Ke depannya, dalam peningkatan pekerjaan tentu akan ada pengadaan yang akan dilakukan perusahaan, dan pihak PT. Pertamina Hulu Rokan akan terbuka terhadap Pemerintah Daerah, dan segala jumlah penghasilan akan langsung dibagi kepada Pemerintah Daerah.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan peralihan nantinya harus ada kejelasan dari aset-aset setelah peralihan tersebut nantinya.Dari segi Ketenagakerjaan, lanjut Gubernur, nantinya Pemerintah akan mempersiapkan sumber daya manusia yang ahli pada bidangnya.

"Selain itu, kami meminta kepada PT. Pertamina Hulu Rokan untuk terbuka kepada Pemerintah dalam hal apapun, baik dari tenaga kerja dan apapun yang ingin dibantu, Pemerintah siap untuk mengakomodirnya," kata Syamsuar.

Baca juga: Chevron diminta segera pastikan pasokan listrik di Blok Rokan

Baca juga: PT CPI telah serahkan data kepegawaian dan organisasi jelang alih kelola Blok Rokan