Forkopimda Riau pastikan pusat keramaian terapkan prokes jelang lebaran

id Forkopimda prokes,gubernur riau, forkompinda riau

Forkopimda Riau pastikan pusat keramaian terapkan prokes jelang lebaran

Forkopimda saat sidak pusat keramaian .(ANTARA/HO-Humas)

Pekanbaru (ANTARA) - Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Riau pastikan bahwa pusat keramaian seperti mal, terminal, bandara disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes) jelang menyambut Idul Fitri 1442 Hijriyah.

"Kami bersama Forkopimda Riau, Walikota dan Forkopimda Pekanbaru dan semua instansi terkait melakukan sidak ke Mal Suka Ramai, Mal Pekanbaru, Mal SKA, serta Terminal AKAP dan Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru," kata Gubernur Riau di Pekanbaru, Selasa.

Dalam peninjauannya Gubernur dan Forkopimda Riau didampingi Walikota Pekanbaru Firdaus dan Forkopimda Pekanbaru serta instansi terkait. Tujuannya untuk memastikan agar masyarakat kita patuh menerapkan disiplin protokol kesehatan,.

"Kami ingin memastikan baik pengelola maupun masyarakat menjalankan 5 M, yakni menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas dan interaksi," kata Syamsuar.

Selain itu lanjut Gubri, guna memastikan bahwa penutupan mal dan pusat perbelanjaan selama tiga hari lebaran tersosialisasikan dengan baik kepada pengelola dan masyarakat.

"Kami juga tadi sudah mendengar bahwa pimpinan mal di Pekanbaru telah sepakat tidak membuka mal selama tiga hari. Dimana sesuai arahan akan dimulai dari hari Rabu, Kamis dan Jumat," ungkapnya.

Kemudian lanjutnya, tinjauannya ke terminal dan bandara untuk memastikan instruksi pemerintah soal larangan mudik tahun 2021 berjalan sesuai aturan.

"Sesuai instruksi pemerintah dilarang mudik, makanya kita memastikan bahwa Pemprov Riau telah melaksanakan perintah pak Presiden di wilayah Provinsi Riau," katanya.

Untuk itu, Gubri berharap petugas yang bertugas di posko terminal, bandara dan pos penyekatan mudik agar dapat melaksanakan tugas dengan baik sesuai arahan pimpinan masing-masing.

"Dengan begitu kita harapkan dengan upaya ini bisa memutus mata rantai penularan COVID-19. Mari kita pelihara suasana aman dan damai dalam menyambut perayaan Idul Fitri dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," tukasnya.