Dihadiri Bupati, Baznas Bengkalis distribusikan 360 juta zakat konsumtif

id Pemkab Bengkalis,zakat bengkalis, zakat, bengkalis

Dihadiri Bupati, Baznas Bengkalis distribusikan 360 juta zakat konsumtif

Bupati Bengkalis Kasmarni menyerahkan secara simbolis Zakat Konsumtif kepada mustahik, di Masjid Agung Istiqomah Bengkalis. (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkals (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bengkalis mendistribusikan 360 juta zakat konsumtif kepada 1200 mustahik atau penerima zakat, Rabu (5/5).

Pendistribusian secara simbolis ini diselenggarakan di Masjid Agung Istiqomah Bengkalis, yang dihadiri langsung Bupati BengkalisKasmarni bersama sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

“Kami sampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh muzakki yang telah menyalurkan zakatnya di Baznas melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Perangkat Daerah, Desa dan UPZ Sekolah se-Kabupaten Bengkalis,” ucap Bupati Bengkalis.

Ia juga mengajak seluruh pihak mendukung Baznas untuk terus berdaya dalam menggali potensi serta mengumpulkan zakat, salah satunya adalah membayar zakat dan menyalurkannya kepada Baznas.

"Saya berkeyakinan, bila hal ini berjalan optimal, Insya Allah dengan keberadaan umat Islam yang besar, potensi zakat dapat dijadikan sebagai basis kekuatan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan umat," tutur Kasmarni.

Kasmarni juga meminta Baznas untuk terus bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah guna menggali seluruh potensi zakat yang ada di Kabupaten Bengkalis.

"Saya juga berkeyakinan sebenarnya masih banyak potensi zakat yang bisa kita kembangkan dan kita gali ke depannya dalam meningkatkan pengumpulan zakat masyarakat yang lebih optimal lagi," sebutnya.

Namun yang harus menjadi fokus saat ini, terang Kasmarni, selain menggarap potensi zakat yang sudah ada, yakni memaksimalkan potensi zakat bagi aparatur pemerintah baik ASN, TNI, Polri, BUMD serta dan lembaga-lembaga lainnya seperti lembaga keuangan dan perbankan.

Baca juga: Bupati Siak ingatkan warga yang sudah sampai nisabnya untuk berzakat

Baca juga: Baznas Riau targetkan kumpulkan zakat Rp17 miliar