Paslon nomor 2 klaim menang di PSU Rohul

id Psu rohul, pilkada rohul, kpi rohul

Paslon nomor 2 klaim menang di PSU Rohul

Kelmi Amri didampingi paslon Sukawan dan para partai koalisinya konferensi pers di Hutan Kota Pasir Pengaraian pasca hasil pemungutan suara ulang (PSU) 25 TPS di Tambusai Utara. (ANTARA/Hendra Ambarita)

Pasir Pengaraian (ANTARA) - Ketua Koalisi Rokan Hulu Maju Kelmi Amri mengklaim pasangan calon nomor urut 2 unggul hasil pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada Rokan Hulu (Rohul) di Tambusai Utara yang dilaksanakan, Rabu (21/4)

“Dari total penghitungan perolehan suara, paslon nomor urut 2 Sukiman - Indra Gunawan (Sukawan) unggul di 25 TPS. Alhamdulilah, masyarakat masih amanahkan kepemimpinan Bupati dan Wabup 2021-2024 ke Sukawan dengan keunggulan telak. Data ini kami umumkan dari real count bersumber dari saksi paslon di seluruh TPS di areal PT Torganda Tambusai Utara”, ucap Kelmi usai PSU, Rabu (21/4/2021) sore, dalam konferensi pers di Hutan Kota, Pasir Pengaraian.

Berdasarkan hitungan cepat internal, Sukawan terangnya unggul 2.073 suara, disusul 476 suara paslon nomor 3 Hafith Syukri - Erizal, dan 16 suara paslon nomor urut 1 Hamulian - M Sahril Topan. Suara tidak sah didata berjumlah 30 suara dengan jumlah partisipasi pemilih sesuai DPT sebanyak 3.706 pemilih atau sekitar 69,19 persen.

Dari perolehan suara PSU di 25 tempat pemungutan suara tersebut bila diakumulasikan dengan perolehan pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK), selisih kemenangan paslon Sukawan dengan kandidatnya paslon Hafith - Erizal berjumlah 1.239 suara.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan doa yang diberikan oleh pengurus Koalisi Rokan Hulu Maju, simpatisan dan masyarakat Rohul, terkhusus bagi penyelenggara pemilu serta TNI-Polri yang mensukseskan pelaksanaan PSU”, ujar politisi dari partai Demokrat itu, didampingi paslon Sukawan dan para partai koalisinya.

Pihaknya meminta masyarakat Rohul tetap bersabar, menahan diri, dan tidak membuat statement yang provokatif di media sosial menunggu hasil pleno dari penyelenggara pilkada KPU, apalagi momen saat ini bulan suci Ramadhan. Masyarakat juga diminta saling merangkul satu sama lainnya.

“Kami akan tetap menunggu rapat pleno tingkat kecamatan dan kabupaten serta penetapan kepala dan wakil kepala daerah Rohul terpilih, setelah itu menunggu usulan Pemprov ke Kemendagri untuk melantik Bupati dan Wabup terpilih periode 2021-2024. Usai PSU sesuai dengan hasil yang diraih telah menjawab opini pemilih fiktif selama ini yang menjadi konsumsi publik”, kata Kelmi yang merupakan anggota DPRD Riau dapil Rohul.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rohul Elfendri, saat dikonfirmasi Kamis (22/4) sore, menyatakan rekapitulasi saat ini hasil PSU di PT Torganda masih di rekap oleh panitia pemilihan kecamatan (PPK).

“Tahapan pleno saat ini di tingkat PPK, nanti dilaksanakan hari Jumat pagi”, kata Elfendri singkat melalui pesannya.