COVID-19 di Siak meningkat, Bupati minta RT aktif melapor

id bupati siak,covid siak,berita riau antara,berita riau terbaru

COVID-19 di Siak meningkat, Bupati minta RT aktif melapor

Bupati Siak dalam rapat evaluasi COVID-19.(ANTARA/HO-Pemkab Siak)

SIAK, (ANTARA) - Bupati Siak Alfedri meminta kepada para penghulu (kepala desa) untuk menyampaikan jumlah kasus positif COVID-19 di setiap Rukun Tetangga kepada camat mengingat akhir-akhir ini jumlah terpapar semakin meningkat.

“Kami meminta kepada seluruh camat, untuk disampaikan kepada seluruh penghulu, agar segera menyampaikan jumlah kasus positif COVID-19 di setiap Kampung, dimulai dari setiap RT," kata Bupati, Jumat.

Alfedri mengatakan bahwa tiga pekan lalu Siak masuk zona kuning, akan tetapi dalam 10 hari terakhir jumlah yang terpapar COVID-19 di Kabupaten Siak meningkat. Bisa dalam satu hari jumlah kasus terpapar mencapai 29 orang.

Melihat keadaan yang seperti ini, kata Alfedri, pihaknya melaksanakan rapat evaluasi agar bisa menekan angka penularan. Apalagi saat ini hampir di seluruh kampung se-Kabupaten Siak sudah terpapar COVID-19.

"Untuk saat ini, kecamatan yang memiliki jumlah penyebaran COVID-19 di Kabupaten Siak paling tinggi adalah Kecamatan Tualang 1112 kasus, Kecamatan Siak 412 kasus dan Kecamatan Dayun 229 kasus," ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Alfedri juga menyampaikan Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 07 tahun 2021, tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro, dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019. Ini di tingkat Desa dan Kelurahan untuk pengendalian penyebaran Corona Virus Disease 2019.

“Di dalam Intruksi ini, ada beberapa kriteria dan zona dalam suatu RT di suatu kampung, yakni Zona Hijau, tidak adanya jumlah kasus positif didalam RT tersebut. Zona Kuning, adanya jumlah kasus positif sebanyak 1-2 kasus dalam seminggu di RT tersebut. untuk Zona Oranye, adanya jumlah kasus positif sebanyak 2-5 kasus dalam waktu seminggu di RT tersebut. Untuk Zona merah, adanya jumlah kasus positif sebanyak lebih dari 5 kasus dalam waktu seminggu di RT tersebut," jelasnya.

Baca juga: Masuk Istana Peraduan, Dispar Siak sesuaikan dengan protokol COVID-19

Baca juga: TV di kamar isolasi COVID-19 di Siak dicuri, begini kronologinya

Baca juga: Kasus COVID-19 di Siak tembus 2.524 orang